Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Bus baru di Karoseri, Dapat Garansi 6 Bulan - 1 Tahun

Kompas.com - 04/05/2021, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus yang beredar di Indonesia, secara umum terbagi jadi dua bagian, sasis oleh ATPM dan bodi oleh karoseri. Jadi ketika ingin membeli bus, pertama sasis dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodi.

Jadi setiap ada unit baru yang rilis, pasti keluar dari karoseri, bukan dari APM. Lalu, karoseri sebagai pembuat bodi juga memberikan garansi pada bodi bus buatannya, layaknya mobil baru yang keluar dari pabrik.

Marketing New Armada Jati Baru Gerry Adrian mengatakan, untuk bodi yang dikeluarkan dari karoseri New Armada, pembeli akan mendapatkan garansi enam bulan untuk bodi maupun kelistrikan.

Baca juga: Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncenger

Bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Bus AKAP PO Borlindo

“Kalau ada kerusakan kita tanggung jika masih masa garansi, kecuali rusaknya karena kecelakaan,” ucap Gerry kepada Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Karoseri New Armada sendiri memiliki berbagai model bodi yang menarik. Misalnya seperti Evolander dan Skylander untuk varian big bus. Selain New Armada, karoseri lain juga turut memberi garansi pada bodi hasil buatannya.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, garansi bodi di karoseri Laksana berlaku selama satu tahun. Sedangkan untuk kelistrikan hanya enam bulan.

Baca juga: Pertama di Dunia Honda Kenalkan N7X, Mobil Konsep 7 Penumpang untuk Indonesia

“Misal ada bunyi asing, kaca retak tapi bukan karena kecelakaan. Cat juga bisa, tapi jarang banget. Selain itu seperti wiper kerja kurang maksimal, itu bisa diklaim,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Sedangkan kalau urusan electrical, hal yang bisa diklaim seperti lampu yang mati atau audio yang tidak berfungsi. Kemudian jika customer melakukan modifikasi pada kelistrikan seperti penambahan lampu-lampu strobo, garansi electrical akan hangus.

Kemudian untuk sasis yang terdiri dari mesin, suspensi, pengereman garansinya berbeda, bukan dari karoseri melainkan dari pabrikan sasis tersebut. Jadi jika dilakukan modifikasi pada sasis seperti penggantian suspensi dari per daun ke suspensi udara, garansi pabrikannya akan hangus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com