Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Motor Sport, Saat Mengerem Jangan Melulu Tarik Kopling

Kompas.com - 28/04/2021, 08:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor jenis sport biasanya dilengkapi dengan transmisi manual, memiliki kelengkapan berupa tuas kopling yang berguna untuk perpindahan gigi persneling.

Salah satu kebiasaan buruk pengendara sepeda motor sport terkait penggunaan tuas kopling adalah selalu menarik tuas tersebut ketika sedang mengerem.

Menurut Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana, kebiasaan tersebut haruslah dihilangkan. Ini karena dengan menarik tuas kopling saat mengerem, tidak ada gaya engine brake yang membantu proses pengereman.

Baca juga: Banyak Diminati, Intip Harga Bekas MPV Premium

“Ketika mau rem mendadak juga kopling adalah hal terakhir yang ditarik, agar mesin membantu pengereman,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menjajal motor sport Honda.Istimewa Menjajal motor sport Honda.

Jika menarik tuas kopling ketika sedang mengerem, laju motor akan lebih nge-loss atau tidak sepenuhnya terkendali.

Kebiasaan tersebut akan lebih berbahaya lagi jika dilakukan di medan dengan kontur perbukitan yang banyak terdapat jalan menurun.

Baca juga: Larangan Mudik, Pintu Tol Karawang Barat dan Tanjungpura Dijaga Ketat

Agus menegaskan untuk menghilangkan kebiasaan selalu memegang tuas kopling saat berkendara. Mainkan tuas kopling saat dalam keadaan macet atau kecepatan di bawah 10 kpj agar mesin motor tidak mati.

“Ingat selalu kopling hanya ditarik saat ingin ganti gigi, motor berhenti dalam kondisi masuk gigi, dan ketika setelah melakukan pengereman,” kata Agus menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com