Bocoran Mesin 1.200 cc Toyota Raize, Tenaga dan Torsi Lebih Besar

Kompas.com - 28/04/2021, 07:02 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Raize dan Daihatsu Rocky telah dipastikan meluncur di Indonesia pada Jumat, 30 April 2021.

Jelang waktu peluncuran, mulai banyak bocoran yang beredar terkait tampilan, varian, hingga spesifikasi teknis terkait fitur dan mesinnya, khususnya untuk Raize.

Bicara soal mesin, dari bocoran yang beredar bisa dipastikan bahwa Raize akan hadir dengan pilihan mesin, 1.0 liter turbocharger dan 1.2 liter naturally aspirated.

Baca juga: Dipakai Kakorlantas Polri, Renault Twizy Jadi Mobil Polisi?

Bocoran NJKB Toyota Raizehttp://keuda.kemendagri.go.id/ Bocoran NJKB Toyota Raize

Hal ini sebetulnya sesuai dengan data NJKB di Permendagri Nomor 1 Tahun 2021, di mana tertulis informasi kalau keduanya akan tersedia dalam 2 pilihan mesin, 1.000 cc turbo dan 1.200 cc N/A.

Tapi jika diperhatikan lebih detail, ternyata mesin 1.200 cc pada Raize tidak menggunakan mesin 1.200 cc milik Calya ataupun Agya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melainkan sebuah mesin 1.200 cc baru berkode WA-VE, dengan konfigurasi 3-silinder berkapasitas 1.198 cc. Sementara mesin Calya atau Agya berkode 3NR-VE 4-silinder dengan kubikasi 1.197 cc.

Baca juga: Harga Mobil Murah Bekas Jelang Lebaran, Mulai Rp 60 Jutaan

Ilustrasi bocoran brosur RaizeScreenshot Instagram b_channel_indonesia Ilustrasi bocoran brosur Raize

Di atas kertas, tenaganya pun berbeda. Mesin 1.200 cc Raize mencapai 88 ps atau setara 86 tk. Sedangkan Calya dan Agya hanya 86,7 ps atau setara 84,7 tk.

Adapun untuk torsinya, Raize juga lebih besar mencapai 112,7 Nm pada 4.500 rpm. Sementara Calya dan Agya 108 Nm pada 4.200 rpm.

Perbedaan berikutnya berlanjut ke sektor transmisi, di mana Raize punya pilihan manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Sedangkan Calya dan Agya, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.