Cerita Moeldoko Bangun Bus Listrik MAB dari Potong Sasis Mercy

Kompas.com - 28/04/2021, 04:02 WIB
Bus Listrik MAB di IIMS Hybrid 2021 Foto: Denny Firmansyah Bus Listrik MAB di IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko bersama beberapa Agen Pemegang Merek roda empat mendirikan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia atau Periklindo.

Moeldoko sebagai Ketua Umum bercerita mengenai awal mula membangun bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB), yang dimulai saat masih menjabat Wakil Gubernur Lemhanas RI pada 2012.

"Ungkapan yang selalu jadi angan-angan saya sejak saya menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhanas RI tahun 2012. Saya berpikir saat itu bahwa baterai lithium atau baterai listrik adalah masa depan, dan masa depan adalah baterai," kata Moeldoko di IIMS Hybrid 2021, akhir pekan lalu.

Baca juga: Jelang Lebaran, Skutik Honda di Surabaya Dapat Diskon Cicilan

Moeldoko mendeklarasikan pendirian Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).KOMPAS.com/Gilang Moeldoko mendeklarasikan pendirian Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

Moeldoko bercerita, pada suatu waktu dia diajak oleh temannya dari BPPT dan ITB berkunjung ke Shanghai, China, untuk melihat pabrik pembuatan baterai listrik.

Ternyata di Shanghai dia tak hanya melihat pabrik pembuatan baterai listrik tapi juga melihat mobil listrik.

"Saat saya berangkat ke sana sekaligus saya melihat, selain baterai pabrik listrik saya lihat mobil listrik. Setelah itu saya merenung, kalau seperti ini mestinya saya bisa membangun di Indonesia," katanya.

Lanjut cerita, proyek itu mulai direalisasikan. Moeldoko kemudian mengirim tim mandiri untuk belajar ke China. Kemudian, sebaliknya tim dari China juga bolak-balik ke Indonesia.

"Melalui perdebatan panjang, teman saya dari Tiongkok menyerah dan bekerjasama dengan saya. Kemudian saya mengirimkan tim berpuluh-puluh kali ke tiongkok, dan tim dari Tiongkok juga bolak balik kurang lebih 20 kali. Tapi tim Indonesia ke sana hampir 30 kali untuk belajar," katanya.

Baca juga: Ini Titik Pos Penyekatan Arus Mudik di Sumatera Barat

Bus listrik MAB yang akan dioperasikan PT Paiton Energy Bus listrik MAB yang akan dioperasikan PT Paiton Energy

Dari hasil kerjasama dan kesepakatan kedua belah pihak, tanpa memikirkan membuat perusahaan, Moeldoko mulai memberanikan diri membuat bus listrik pada 2016-2017.

"Tentu saya tidak bisa, orang saya tentara, mana ngerti buat barang-barang begitu saya orang infantri yang lahirnya memang fighter di lapangan, tidak tahu tentang mobil-mobil begitu," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X