Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Spesifikasi NIU Gova 03, Lumayan buat Jalan-jalan Sore

Kompas.com - 18/04/2021, 10:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik asal China, NIU, resmi meluncur di IIMS Hybrid 2021. Ada beberapa produk yang dipajang, salah satunya ialah NIU Gova 03.

Secara harga NIU Gova 03 merupakan seri entry level jika dibandingkan dua saudaranya yang lain, yaitu NIU NQI Sport dan NIU NGT.

NIU Gova 03Foto: NIU NIU Gova 03

Tampilan Gova 03 termasuk sederhana. Manis tanpa banyak lekuk tajam. Mengisyaratkan sebagai motor listrik untuk komuter yang mengedepankan fungsi.

Baca juga: NIU Meluncur di IIMS Hybrid 2021, Harganya Bersaing dengan Gesits

Fasia depannya simpel. Lampu depannya persegi panjang dengan bingkai warna hitam yang membedakan dari bodi. Kemudian da sedikit aksen "hood" di bagian lampu.

Area setangnya juga sederhana alias minimalis. Setang depan hanya dikasih sedikit penutup. kemudian di kanan kiri ada sein kecil dengan mika warna putih.

NIU Gova 03KOMPAS.com/Gilang NIU Gova 03

Bagian dek dari plastik hitam. Di bagian kaki diberikan aksen atau motif supaya kaki tidak licin. Joknya model tandem dengan panjang 547 mm.

Terlihat proporsi joknya sedikit lebih banyak buat pengendara. Meski begitu pembonceng tidak perlu khawatir sebab ada pegangan besar di belakang.

NIU Gova 03KOMPAS.com/Gilang NIU Gova 03

Bodi belakangnya juga cukup simpel tanpa banyak lekukan tajam. Desainnya secara keseluruhan cukup pas. Bentuk lampu belakangnya besar dan sudah LED.

Baca juga: Modal NIU Gaet Pasar Motor Listrik Indonesia

Untuk spesifikasi, kaki-kakinya pakai pelek 10 inci depan belakang dipadu ban 3.00. Supensi depan teleskopik dan suspensi belakang model ganda.

NIU Gova 03KOMPAS.com/Gilang NIU Gova 03

Rem depan belakang sudah cakram. Tinggi jok 745 mm cocok buat postur orang Asia. Adapun jarak terendah dari tanah 110 mm.

Dimensi panjang 1.735 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.045 mm dengan wheelbase 1.245 mm. Jadi cukup mungil. Adapun berat bersih 87 kg.

NIU Gova 03KOMPAS.com/Gilang NIU Gova 03

Gova 03 mengusung motor listrik atau dinamo besutan JYX 2.000 W. Catu daya pakai baterai lihtium ion model tanam dengan spesifikasi 60V 40AH berat 20 kg.

Baca juga: Tanggapan NIU Soal Baterai Lokal untuk Motor Listrik

Motor bisa melaju sampai kecepatan 60 kpj dan diajak jalan antara 70-80 km dalam kondisi baterai penuh. Cas dari kondisi kosong sampai penuh butuh waktu 6,5 jam.

"Gova 03 fiturnya jarak tempuhnya lebih jauh dari NQI Sport, tapi minusnya baterainya built in dan dia tidak bisa koneksi ke aplikasi. Kalau NQI bisa," kata Dennis, Marketing NIU kepada Kompas.com.

NIU Gova 03Foto: KOMPAS.com/Gilang NIU Gova 03

Salah satu fitur teknologi yang terdapat pada NIU ialah adanya Energy Recovery System (EBS) yang mengubah energi pengereman ke daya baterai.

NIU Gova 03 dibanderol Rp 23,8 juta on the road (OTR) Jakarta. Dalam brosurnya tersedia tiga pilihan warna yaitu merah, putih dan abu-abu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com