Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal, Quartararo Pole Position, Marquez Keenam

Kompas.com - 17/04/2021, 21:14 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo berhasil raih pole position pada seri ketiga MotoGP 2021 di Sirkuit Portimao, Portugal. Performanya dari sejak sesi latihan bebas memang sudah kompetitif.

Sebelumnya, pebalap asal Prancis tersebut berhasil menguasai sesi latihan bebas FP3 dan FP4. Quartararo mencatatkan waktu 1 menit 38,862 detik.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Portugal, Quartararo Tercepat, Jorge Martin Kecelakaan

Jalannya sesi kualifikasi sempat diwarnai drama. Sebab, Francesco Bagnaia yang meraih waktu tercepat di akhir sesi. Namun, catatan waktunya dibatalkan karena bendera kuning sudah berkibar.

Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Di posisi kedua, ada Alex Rins dengan selisih waktu 0,089 detik dari Quartararo. Rins juga mampu tampil konsisten meski belum berhasil berada di urutan teratas.

Di belakangnya, ada Johann Zarco yang masih memimpin klasemen sementara dengan 40 poin. Zarco jadi satu-satunya pebalap Ducati di barisan terdepan.

Di posisi keempat, ada Jack Miller yang belum lama ini melakukan operasi arm pump. Meski demikian, Miller tetap mampu tampil kompetitif.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Portugal, Bagnaia Tercepat, Marquez Melorot

Franco Morbidelli juga mampu membawa motornya yang masih versi 2019 tersebut ke urutan kelima. Di belakangnya, ada Marc Marquez yang akan start di urutan keenam.

Sebelumnya, Marc harus melalui sesi kualifikasi Q1 bersama Joan Mir. Jarang-jarang pebalap Repsol Honda Team ini harus mengikuti Q1.

Di urutan ketujuh, ada Aleix Espargaro yang semakin kompetitif. Meskipun, masih belum bisa bertahan di barisan terdepan.

Luca Marini meraih posisi terbaik di kelas utama dengan start dari urutan kedelapan. Adik tiri dari Valentino Rossi ini juga pertama kalinya langsung lolos ke Q2.

Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Francesco Bagnaia saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Sang juara dunia MotoGP 2020 sudah memberikan yang terbaik, tapi hasilnya tak sesuai yang diharapkan. Joan Mir akan start dari urutan kesembilan.

Melengkapi sepuluh besar, ada Miguel Oliveira. Pebalap tuan rumah dan pemenang musim lalu ini mengalami crash di akhir-akhir sesi.

Bagnaia akan start dari posisi kesebelas. Sementara Maverick Vinales, catatan waktunya juga dibatalkan dan harus start dari urutan keduabelas.

Alex Marquez dan Pol Espargaro juga tak mampu lolos dari Q1 dan harus start di posisi ke-13 dan ke-14.

Selain kedua pebalap Honda tersebut, Valentino Rossi juga tak mampu berbuat banyak di sirkuit ini. Pebalap paling senior di kelas utama ini harus ikhlas start dari posisi ke-17.

Hasil kualifikasi MotoGP Portugal 2021:
1 F. QUARTARARO 1:38.862
2 A. RINS +0.089
3 J. ZARCO +0.129
4 J. MILLER +0.199
5 F. MORBIDELLI +0.241
6 M. MARQUEZ +0.259
7 A. ESPARGARO +0.307
8 L. MARINI +0.524
9 J. MIR +0.536
10 M. OLIVEIRA +0.583

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com