Bertemu Fin Komodo Bledhex di IIMS 2021, Bertenaga Listrik

Kompas.com - 18/04/2021, 09:21 WIB
Fin Bledhex listrik KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIFin Bledhex listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran Indonesia International Motorshow (IIMS) 2021 dilaksanakan pada 15 sampai 25 April di JIExpo Kemayoran. Pada pameran ini diikuti berbagai merek dan salah satunya menampilkan produk lokal buatan PT Fin Komodo Teknologi.

PT Fin Komodo Teknologi memamerkan satu unit kendaraan multiguna yang dinamakan Fin Bledhex. Secara tampilan, memang Fin Bledhex ini mirip dengan Fin Komodo KD 250 X, perbedaannya adalah tidak adanya mesin, karena ini model listriknya.

Secara spesifikasi, Fin Bledhex menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 21 kWh. Dengan baterai tersebut, tenaga yang dihasilkan dari Fin Bledhex ini mencapai 24 kW atau setara 32,2 TK dan torsi 70 Nm.

Baca juga: Boleh Mudik Sebelum 6 Mei, Ini Tarif Bus Eksekutif Jakarta-Solo

Kabin Fin Bledhex ListrikKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Fin Bledhex Listrik

Untuk konfigurasinya, motor listrik Fin Bledhex ditempatkan di bagian tengah, tepatnya di belakang kabin dan berpenggerak roda belakang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk waktu pengisiannya, hanya membutuhkan 3 jam dengan daya 6.000 watt dan bisa digunakan sampai 150 km.

Membahas dimensinya, Fin Komodo memiliki panjang total 3,4 m, lebar 1,635 m, dan tinggi 1,645 m. Dimensi ini cukup ideal untuk dimasuki dua orang penumpang di kabinnya. Kemudian di bagian belakang juga dibuat bak multiguna.

Perbedaan paling terlihat di bagian kabin Fin Bledhex. Untuk instrument cluster-nya sudah full digital. Kemudian transmisinya, menggunakan model single speed reduction gear dengan pilihan Hi – Low – Reverse.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Portugal, Quartararo Tercepat, Jorge Martin Kecelakaan

Instrument cluster Fin Bledhex listrikKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Instrument cluster Fin Bledhex listrik

Aviantra Karisma, Engineer PT Fin Komodo Teknologi mengatakan, semua komponen yang ada di Fin Bledhex merupakan produksi lokal, hanya baterainya saja yang masih dari luar.

“Fin Bledhex ini masih perkenalan dahulu. Bukan berarti mobil nantinya akan seperti ini. Tapi Fin Bledhex ini sudah bisa dipesan dan akan dikirim pada akhir tahun 2021,” kata Aviantra kepada Kompas.com, Jumat (16/4/2021).

Spesifikasi lengkap Fin Bledhex:
Dimensi
Panjang Total: 3.400 mm
Lebar Total: 1.635 mm
Tinggi Total: 1.645 mm
Berat Kosong: 600 kg
Jarak Sumbu Roda: 2.000 mm
Jarak Roda: 430 mm
Ground Clearance: 310 mm

Motor
Tipe: Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM)
Konfigurasi: Mid – Rear Motor, Rear Wheel Drive
Max. Power: 24 kW
Max. Torsi: 70 Nm
Max. Speed: 40 kpj

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.