Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Bus dengan Floating Roof Ternyata Terinspirasi Mobil Penumpang

Kompas.com - 21/01/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDesain bus yang ada di Indoensia saat ini semakin beragam. Setiap karoseri memiliki bahasa desainnya masing-masing, yang menjadikannya unik daripada bus lainnya.

Salah satu desain yang kerap diaplikasikan pada bus yaitu floating roof. Untuk mendapatkan tampilan atap bus yang seolah-olah melayang ini, caranya bisa dengan mengecat pilar A dan Z bus dengan warna hitam, agar senada dengan kaca.

Dengan begitu, akan terlihat satu bagian yang tidak terputus mulai dari kaca depan hingga belakang. Kemudian terlihat bagian atap bus seperti mengambang karena memiliki kelir yang sama dengan bagian lambung atau bodi bawah.

Baca juga: Kenali Diesel Runaway, Musuh Besar Pemilik Mobil Diesel

Bus AKAP PO Adhi PutraKaroseri Laksana Bus AKAP PO Adhi Putra

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, desain floating roof ini bisa mengambil dari referensi apa saja, desain apapun yang dianggap mewakili zamannya.

“Biasanya referensi desain mengambil obyek desain yang lebih tinggi. Misalnya mengambil kesan aerodinamis dari pesawat, kereta cepat bahkan yacht,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Sedangkan untuk floating roof di bus, nampaknya mengambil desain dari mobil-mobil penumpang dengan desain yang serupa. Deddy mengatakan, desain bus sebenarnya sangat terbuka luas, namun di Indonesia, desain tadi akan berhadapan dengan faktor like and dislike.

Baca juga: Besok Uji Emisi Gratis Terakhir di Lapangan, Catat Perubahan Lokasinya

“Oleh karena itu, beberapa desain bus akan ambil langkah aman dengan metode tadi, memakai obyek desain yang lebih tinggi atau dengan memakai referensi obyek yang sudah beken sebelumnya,” kata Deddy.

Salah satu karoseri dengan bus berdesain floating roof ini adalah Laksana dengan bodi Legacy SR2. Sejak 2016 Sampai sekarang desain floating roof menjadi ciri dari bodi bus buatan karoseri asal Ungaran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com