Jimny Buatan India Mulai Diekspor, Apa Kabar Suzuki Indonesia?

Kompas.com - 21/01/2021, 08:31 WIB
Maruti Suzuki resmi memulai ekspor perdana Jimny buatan India ke pasar Amerika Latin Maruti Suzuki India Limited (SMIL)Maruti Suzuki resmi memulai ekspor perdana Jimny buatan India ke pasar Amerika Latin
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Maruti Suzuki India Limited resmi mengumumkan dimulainya ekspor perdana Jimny ke pasar Amerika Latin, seperti Peru dan Kolombia.

Mengutip dari siaran resmi Maruti Suzuki, untuk ekspor tahap awal, ada 184 unit Jimny yang dikapalkan melalui Pelabuhan Mundra, Gujarat.

Tak hanya Amerika Latin, nantinya SUV legendaris tiga pintu yang akhirnya diproduksi di India dan diklaim punya kualitas setara dengan Jepang, juga bakal masuk ke pasar Timur Tengah dan Afrika.

Kenichi Ayukawa, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited mengatakan, dengan India menjadi basis produksi untuk Jimny, Suzuki akan meningkatkan kualitas produksi globalnya melalui Maruti Suzuki.

Baca juga: Jadi Model Terlaris, Suzuki Luncurkan Carry Facelift Pekan Depan

Bahkan seiring dengan tingginya permintaan Jimny yang membuat pabrik di Jepang kewalahan, kapasitas pabrik di India juga akan ditambah agar bisa memenuhi permintaan global.

Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Suzuki Jimny di GIIAS 2019

"Jimny akan memenuhi aspirasi pelanggan di seluruh dunia. Jimny yang diproduksi di pabrik Gurugram Maruti Suzuki memiliki spesifikasi yang sama dengan model ekspor yang diproduksi dari pabrik Suzuki Motor Corporation, di Kosai, Jepang. Kami yakni dengan Jimny bisa meningkatkan ekspor secara keseluruhan," ucap Ayukawa dalam keterangan resminya, Rabu (20/1/2021).

Mengenai spesifikasi Jimny made in India, berdasarkan sekilas data yang diberikan memang tidak berbeda. Masih mengusung mesin bensin berkapasitas 1.500 cc 4-silinder.

Transmisinya juga tersedia dalam dua pilihan, yakni lima percepatan manual dan empat percepatan  AT. Sementara secara dimensi, panjangnya 3.645 mm, lebar 1.646, dan tinggi 1.720 mm.

Baca juga: Bos Suzuki Indonesia Bicara Soal Produksi Jimny di Cikarang

Dengan adanya kepastian ekspor Jimny ditambah pernyataan Ayukawa mengenai India menjadi basis produksi, lalu apa kabar soal rencana Suzuki Indonesia untuk memproduksi Jimny di Cikarang, Jawa Barat.

Test Drive Suzuki JimnySTANLY RAVEL-KOMPAS.com Test Drive Suzuki Jimny

Karena seperti diketahui, beberapa waktu lalu President Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama mengatakan, masih mempelajari kemungkinan memproduksi Jimny di Indonesia.

"Ini juga sudah banyak yang menanyakan, termasuk pemerintah. Kami selalu pelajari apakah mungkin bisa memproduksi (Jimny) secara lokal. Saya bisa sampaikan semua strategi yang kami lakukan harus dipikirkan secara global Suzuki," ucap Itayama dalam sesi virtual bersama media, Desember 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X