Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Tutup Pentil Ban yang Tidak Perlu Dibuka Saat Isi Udara

Kompas.com - 26/11/2020, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTutup pentil memiliki fungsi penting pada ban kendaraan baik motor atau mobil. Karena di dalam pentil ban ada komponen kecil yang sensitif, jika kemasukan debu, bisa tersumbat sehingga udara tidak bisa masuk.

Lalu ada juga kemungkinan rusaknya sejenis karet penahan angin yang ada di dalam pentil ban jika kemasukan debu dan pasir. Sehingga ban akan mengalami bocor halus yang keluar dari karet penahan tersebut.

Itulah pentingnya tutup pentil, namun bagi yang sering kehilangan tutup pentil ban saat mengisi angin, sekarang tidak perlu khawatir. Saat ini sudah ada peranti yang dinakan tutup pentil anti ribet.

Baca juga: Ariel Noah Pemilik Pertama Motor Rp 1 Miliar, BMW R18

Tutup pentil anti ribetDidi Tanusa Tutup pentil anti ribet

General Sales Manager TedMore, pembuat tutup pentil anti ribet, Didi Tanusa mengatakan, jika sudah memasang tutup pentil ini ke ban motor atau mobil, pemilik tidak perlu membuka tutupnya jika ingin menambah tekanan udaranya.

“Dengan tidak dibukanya tutup pentil saat mengisi udara ban, mengurangi potensi masuknya air, debu, hingga kotoran ke dalam pentil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Tips Makan Murah Saat Naik Bus AKAP Sumatera

Campuran air dan udara berpotensi membuat isi pentil (valve core) berkarat. Kemudian debu atau kotoran juga berpeluang mengganjal pegas valve core sehingga lama-kelamaan terjadi bocor.

“Tutup pentil ini juga punya dual protection. Jadi kalau valve core bocor, ada pengaman di tutup pentil yang mencegah udara keluar dari ban,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com