Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Mulai Goda Konsumen dengan Motor Hybrid

Kompas.com - 25/11/2020, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di pertengahan Oktober, sempat beredar gambar paten teknologi motor hibrida (hybrid) dari Kawasaki. Belum lama ini, pabrikan asal Jepang tersebut menampilkan video teaser dari motor tersebut.

Teknologi motor hybrid menggunakan mesin yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik. Tujuannya adalah untuk mendapatkan dorongan performa dan efisiensi, sambil mengurangi emisi.

Baca juga: Kawasaki Mulai Kembangkan Mesin Hybrid untuk Motor

Melalui akun YouTube Kawasaki Motors, dapat dilihat Kawasaki sudah memiliki motor yang dibekali dengan teknologi hybrid.

Sistem konektivitas Kawasaki Rideology sepertinya mampu mengetahui posisi motor, apakah berada di kota, jalur cepat, atau pedesaan. Sistem tersebut mampu berganti antara full electric, hybrid, atau mesin bensin, tergantung dari kecepatan mesin dan mungkin dari lokasinya.

Dikutip dari Visordown.com, video tersebut hanya memberikan sedikit bocoran mengenai wujud motor seutuhnya. Meskipun, jika melihat detail dari bagian belakang motor yang ada di video, komponennya mirip seperti Z900, atau Ninja 400 dan Z400.

Kawasaki mulai pamerkan sedikit sistem hybrid pada motornyaKawasaki Motors Kawasaki mulai pamerkan sedikit sistem hybrid pada motornya

Baca juga: Kawasaki Z H2 SE Model 2021 Meluncur, Update di Suspensi dan Rem

Tapi, jika fokus ke bagian mesin, dimensinya terlihat tidak begitu besar. Kemungkinan Kawasaki menggunakan basis dari Z400 atau Ninja 400, atau bahkan Z250.

Ketika mesin dengan kapasitas kecil digabungkan dengan sistem hybrid, sistem tersebut menjadi komponen sekunder yang berperan sebagai pendukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com