Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Tak Sebut Berapa Model Limited Edition yang Akan Meluncur

Kompas.com - 19/11/2020, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa merupakan merek yang pintar mengemas produknya. Sepanjang 2020, skuter Italia itu sudah mengeluarkan empat model limited edition alias edisi terbatas.

Rincian empat model tersebut ialah Vespa Primavera Sean Wotherspoon, dua model edisi Racing Sixties yaitu Sprint 150 dan GTS 300 HPE, serta Primavera (Red) edition.

Meski edisi terbatas Piaggio Indonesia tidak menyebut persis jumlah unitnya. Sehingga ada kesan bahwa ini merupakan taktik dagang untuk menjaring konsumen.

Baca juga: Alasan Vespa Sei Giorni II Edition Lebih Murah dari Edisi Pertama

Vespa Primavera x Sean WotherspoonIstimewa Vespa Primavera x Sean Wotherspoon

Menanggapi hal itu, PR and Communication Manager Piaggio Indonesia (PID) Robby Gozal, mengatakan, pihaknya tidak merilis angka motor limited edition karena arahan prinsipal Italia.

"Kami tidak bisa memberikan angka pasti. Kita sebetulnya bisa sebutkan berapa (pastinya), tapi itu kebijakan Piaggio Group dan kami tidak bisa menyebutkannya," kata Robby kepada Kompas.com, Rabu (18/11/2020).

Seperti yang pernah diutarakan, untuk Sean Wotherspoon unitnya 1-2 persen dari penjualan Vespa di Indonesia, sedangkan buat edisi Racing Sixties lebih besar antara 5-6 persen.

Baca juga: Tips dari Piaggio Indonesia Agar Bisa dapat Vespa Limited Harga Normal

Vespa GTS Racing SixtiesIstimewa Vespa GTS Racing Sixties

Robby menampik bahwa dengan tidak menyebut jumlah yang dijual di Indonesia secara pasti kemudian langkah itu dinilai sebagai taktik pemasaran semata.

"Kami tidak mengarah ke sana, kalau itu limited pasti terbatas. Kami tidak menyebut angka ialah salah satunya kebijakan bahwa kami tidak diberikan izin untuk menyebut angka terkait bisnis," katanya.

Robby menyebut, kalau bicara taktik dari awal pihaknya memang tidak pernah mengungkap jumlah motor limited yang dijual di Indonesia. Bahkan sejak Vespa 946 pertama kali hadir.

"Kalau bicara seperti itu sudah kami lakukan sejak dulu (kami tidak pernah bicarakan itu). Sejak empat tahun terakhir," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com