Ini Alasan Jorge Lorenzo Didepak dari Yamaha

Kompas.com - 19/11/2020, 14:41 WIB
Jorge Lorenzo bersiap dengan seragam balap sebelum menjajal Sirkuit Sepang sebagai test rider Yamaha pada Jumat (7/2/2020). @YAMAHAMOTOGPJorge Lorenzo bersiap dengan seragam balap sebelum menjajal Sirkuit Sepang sebagai test rider Yamaha pada Jumat (7/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada awal tahun, Yamaha dengan bangga mengumumkan telah mengontrak Jorge Lorenzo sebagai test driver. Namun sayangnya, kolaborasi tersebut hanya berlangsung kurang dari setahun.

Yamaha memutuskan untuk tidak memakai Jorge Lorenzo sebagai test rider, dan menggantikannya dengan Cal Crutchlow. Pabrikan Jepang tersebut membeberkan alasan di balik itu.

Baca juga: Andi Gilang Turun Kelas ke Moto3 mulai 2021

"Jorge tidak berlatih karena dia tidak dijadwalkan untuk menjalani tes lebih lanjut tahun ini. Kami tidak menemukan apa yang kami harapkan dari seorang test rider,” ujar manajer tim Yamaha Massimo Meregalli kepada DAZN dikutip dari Motorsport Total, Kamis (19/11/2020).

Jorge Lorenzo diperkenalkan secara resmi sebagai test rider Yamaha Jorge Lorenzo diperkenalkan secara resmi sebagai test rider Yamaha

“Ketika kami mengikuti tes di Portimao, kami melihat bahwa dia… Kami tidak mendapatkan umpan balik yang kami harapkan dari Lorenzo,” katanya.

Pada saat menjalani tes di Partimao, Lorenzo memiliki catatan waktu sekitar empat detik lebih lambat dari rider Aprillia, Aleix Espargaro. Inilah yang membuat Yamaha ragu untuk menjadikannya sebagai rider pengganti Valentino Rossi yang saat itu harus absen lantaran terpapar virus Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Yamaha Suntik Mati R6, Kecuali Versi Balap

"Ada opsi baru dan kami memutuskan bahwa ini adalah jalan yang harus kami ambil. Kami sudah mencapai kesepakatan lisan dengan Cal, dia menunjukkan ketertarikan yang tinggi,” ucap Meregalli.

“Dia telah memutuskan untuk menjadi test driver ketimbang pebalap utama. Kami yakin, berkat pengalaman dan kecepatannya, kami dapat melakukan pekerjaan dengan baik,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.