Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor dan Mobil Ingin Salip Truk Panjang, Begini Cara Amannya

Kompas.com - 08/11/2020, 15:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini viral sebuah video pengendara motor yang sedang berusaha menyalip truk trailer. Namun niatnya malah dihalangi sopir truk yang ugal-ugalan ketika hendak disalip.

Peristiwa ini tentu saja dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Pengendara sebaiknya memberikan jalan kepada kendaraan yang ingin menyalip dan sudah meminta jalan.

Sementara pengendara yang ingin menyalip kendaraan panjang seperti truk trailer memang harus memperhatikan beberapa hal, supaya tetap aman dan minim risiko.

Baca juga: Intip Ubahan Isuzu MU-X Terbaru, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Ilustrasi menyalip truk Foto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, menyalip kendaraan panjang seperti truk trailer butuh trik khusus. Sebab tingkat kesulitannya lebih tinggi dibanding kendaraan kecil.

“Selain kendaraan tersebut bergerak, faktor lalu lintas yang ramai dan kondisi jalan yang berliku membuat mendahului itu butuh perhitungan yang matang,” ujar Sony, kepada Kompas.com (8/11/2020).

Salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya pengendara bisa menyalip kendaraan besar adalah momentum.

Baca juga: Catat, Ini 11 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Kejadian di perbatasan antara Probolinggo Lumajang, dimana motor revo tidak diberi jalan untuk menyalip(truk ugal2 lan pada saat mau disalip) setelah dianggap kosong untuk menyalip, dipepet ke arah bahu jalan(tanah) Setelah berusaha akhirnya berhasil menyalip , dengan kesal teriak karena hampir celaka, sang supirpun tidak terima dan mengejar motor, kemudian terjadilah seperti di video Kejadian tersebut telah ditangani polsek ranuyoso Lumajang dengan akhir damai, sang supir meminta maaf dengan surat pernyataan di hadapan kepolisian dan mengakui kesalahannya yang ugal-ugalan dan arogan. Video ini hanya untuk pembelajaran bahwa nyawa seseorang tidak bisa disepelekan, tahan emosi dan berkendara sesuai dengan peraturan yg berlaku. Stay safe

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????????????????????????????? (@ndorobeii) pada 6 Nov 2020 jam 6:57 PST

“Pastikan di awal kendaraan kendaraan memiliki kecepatan yang cukup, dan pastikan jalannya lurus, serta memiliki blindspot yang kecil,” ucap Sony.

Menurutnya, pengendara juga wajib memperhatikan garis marka jalan apakah menyambung atau putus-putus. Sebab hal ini yang menentukan boleh atau tidak menyalip kendaraan di jalanan tersebut.

“Pastikan juga ada ruang yang cukup sesaat dan setelah mendahului, paling penting pengendara tidak gugup saat melakukannya,” kata Sony.

“Ketika faktor di atas sudah memenuhi, maka lakukan dengan penuh kehati-hatian. Dan segera menjauh, karena berada di depan truk berisiko tertabrak akibat rem blong,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com