Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor dan Mobil Ingin Salip Truk Panjang, Begini Cara Amannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini viral sebuah video pengendara motor yang sedang berusaha menyalip truk trailer. Namun niatnya malah dihalangi sopir truk yang ugal-ugalan ketika hendak disalip.

Peristiwa ini tentu saja dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Pengendara sebaiknya memberikan jalan kepada kendaraan yang ingin menyalip dan sudah meminta jalan.

Sementara pengendara yang ingin menyalip kendaraan panjang seperti truk trailer memang harus memperhatikan beberapa hal, supaya tetap aman dan minim risiko.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, menyalip kendaraan panjang seperti truk trailer butuh trik khusus. Sebab tingkat kesulitannya lebih tinggi dibanding kendaraan kecil.

“Selain kendaraan tersebut bergerak, faktor lalu lintas yang ramai dan kondisi jalan yang berliku membuat mendahului itu butuh perhitungan yang matang,” ujar Sony, kepada Kompas.com (8/11/2020).

Salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya pengendara bisa menyalip kendaraan besar adalah momentum.

Menurutnya, pengendara juga wajib memperhatikan garis marka jalan apakah menyambung atau putus-putus. Sebab hal ini yang menentukan boleh atau tidak menyalip kendaraan di jalanan tersebut.

“Pastikan juga ada ruang yang cukup sesaat dan setelah mendahului, paling penting pengendara tidak gugup saat melakukannya,” kata Sony.

“Ketika faktor di atas sudah memenuhi, maka lakukan dengan penuh kehati-hatian. Dan segera menjauh, karena berada di depan truk berisiko tertabrak akibat rem blong,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/08/154100115/motor-dan-mobil-ingin-salip-truk-panjang-begini-cara-amannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke