Kerugian Besar Pebalap MotoGP Bila Start dari Pit Lane, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 08/11/2020, 14:21 WIB
14 pebalap MotoGP start dari pit lane di GP Jerman 2014 Foto: Tangkapan layar youtube MotoGP14 pebalap MotoGP start dari pit lane di GP Jerman 2014
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales harus gigit jari karena terkena hukuman dan harus start dari pitlane di GP Eropa, Valencia, Minggu (8/11/2020).

Vinales mendapat penalti karena menggunakan mesin keenam, yakni jatah mesin yang sebenarnya sudah habis. Sebelumnya dia sudah menggunakan mesin kelima sejak di GP Misano.

Lantas apa saja yang bisa membuat pebalap start dari pit lane?

1. Ganti motor setelah warm up

Pebalap akan start dari pit lane jika mengganti motor dan ban setelah melakukan warm up lap dan mengganti ban dari ban kering ke ban basah atau sebaliknya.

Start massal dari pit lane pernah terjadi pada MotoGP 2014. Saat itu sebanyak 14 pebalap start serentak dari pit lane saat GP Jerman di Sirkuit Sachsenring.

Alasannya waktu itu cuaca tidak bisa ditebak. Sepanjang hari mendung dan cenderung akan turun hujan tapi ternyata sebelum balapan langit terang dan trek kering.

Sebagian besar pebalap kemudian kembali ke pit untuk mengganti motor dengan paket ban kering dan harus start dari pit lane.

Johann Zarco Johann Zarco

2. Terkena hukuman

Pebalap harus start dari pit lane jika dikenakan penalti oleh FIM MotoGP Stewards.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X