Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Cegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan

Kompas.com - 28/09/2020, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya waterspot atau jamur pada bagian kaca kerap dialami oleh pemilik mobil. Apalagi, di saat musim hujan seperti sekarang ini.

Adanya jamur pada kaca mobil akan membuat visibilitas atau pandangan pengemudi menjadi terganggu. Sebab, jika kaca mobil sudah berjamur, meskipun kondisi hujan kemudian kaca disapu oleh wiper akan tetap ada.

Baca juga: Waspada, Ini Kunci Berkendara Saat Hujan

Untuk menghilangkan jamur tersebut, harus menggunakan cairan khusus. Jika malas melakukannya, bisa dibawa ke salon khusus mobil.

Ilustrasi kaca mobil kusamsoloraya.com Ilustrasi kaca mobil kusam

Namun, tentunya akan lebih baik untuk mencegah daripada harus mengobati. Pencegahannya sangat mudah, yakni dengan cara merawat kaca tersebut dengan benar.

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mengatakan, paling penting harus rajin mencuci kaca dan mengelapnya sampai benar-benar kering.

"Pantangan paling utama, jangan sering atau terlalu lama membiarkan air yang menempel di kaca kering dengan sendirinya. Efeknya, kaca mobil menjadi cepat berjamur atau timbul bercak," ujar Sapta, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kelakuan Pengemudi yang Ceroboh Saat Mengemudi di Musim Hujan

Sapta menambahkan, setelah kena hujan, bilas dulu menggunakan air bersih. Kemudian, bersihkan dan lap sampai benar-benar kering untuk seluruh permukaan kaca.

Intinya, jangan malas untuk mencuci atau membilas kaca mobil dan mengelapnya hingga kering, untuk mencegah timbulnya jamur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com