Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Jangan Kecele Beli Mobil Bekas Banjir

Kompas.com - 23/09/2020, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang ingin membeli kendaraan impian dengan dana terbatas, mobil bekas bisa jadi salah satu jalan keluar. Selain dari segi harga yang kompetitif, konsumen dapat menggunakan mobil dengan cepat tanpa harus menunggu surat-surat kendaraan.

Namun, kondisi mobil kerap dipertanyakan. Terlebih di daerah yang kerap dilanda banjir, terlebih saat ini mulai musim hujan di Ibu Kota dan sekitarnya.

OtoSpector, platform yang menyediakan layanan pemeriksaan mobil bekas, memiliki beberapa poin yang harus diperhatikan guna mengetahui apakah mobil tersebut merupakan bekas banjir atau tidak. Poin pertama, bisa diperiksa apakah kabin tercium bau tidak sedap.

Baca juga: Modifikasi Motor Melebihi Dimensi Standar, Bisa Bikin Tidak Seimbang

“Tanda pertama itu pasti ada bau apek. Ini karena ada lapisan di bagian bawah mobil yang basah dan tidak sepenuhnya kering. Atau bisa juga ada bekas lumpur di sela-sela karpet atau speaker pada pintu mobil,” ujar CEO OtoSpector Jeffrey Andika saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020)

Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.Mivecblog.com Kondisi interior mobil yang baru habis terendam banjir.

Poin kedua, adalah jika usia mobil masih relatif muda, tidak ada modifikasi, atau penggantian pada interior, tapi ada kejanggalan. Salah satu petunjuknya, adalah jok dan karpet sudah terlihat bekas dibongkar, maka patut dicek lebih lanjut.

Baca juga: Bagasi Bus Suites Class Lebih Kecil Dibanding Bus Biasa

“Tanyakan ke pemilik kenapa jok dicopot, karena penanganan mobil kebanjiran pada umumnya pasti akan copot jok mobil,” kata Jeffrey.

Kemudian poin ketiga, adakah korosi atau karat menyeluruh pada bagian kabin kendaraan. Ini juga berlaku pada soket-soket elektrik yang biasanya menyebabkan kerusakan saat digunakan.

Selain banjir, pemerikasaan lain untuk melihat mobil apakah bekas tabrakan, dan mobil pernah dimodifikasi. Hasil pemeriksaan ini bisa digunakan untuk membeli mobil bekas atau menjadi referensi negosias harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com