Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSBB Tahap Kedua, Bagaimana Jam Operasional Bengkel Mobil di Jakarta?

Kompas.com - 21/09/2020, 11:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBengkel resmi sejumlah merek otomotif di DKI Jakarta dipastikan tetap dibuka selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua.

Seperti diketahui, Dalam Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020, PSBB tahap kedua mengizinkan 11 sektor usaha esensial untuk tetap buka dengan syarat hanya boleh diisi 50 persen.

Kemudian untuk kantor atau tempat usaha yang berada di zona dengan risiko tinggi maksimal diisi 25 persen, termasuk kantor atau tempat usaha yang tidak masuk dalam kegiatan esensial.

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020, Drama Kemenangan Vinales

Toyota Astra Motor Workshop Sunter, Jakarta Utara.Dimas Wahyu Toyota Astra Motor Workshop Sunter, Jakarta Utara.

Beberapa tempat yang diputuskan ditutup penuh adalah institusi pendidikan, kawasan pariwisata dan taman rekreasi, taman kota dan RPTRA, sarana olahraga publik, dan tempat resepsi pernikahan.

Berkaca dari aturan tersebut, sejumlah bengkel resmi tetap membuka pelayanannya. Bahkan rata-rata jam buka bengkel resmi masih sama seperti masa PSBB transisi.

“Kami tetap buka dengan kapasitas 25 persen sesuai aturan,” ujar Anton Jimmy Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com (20/9/2020).

Baca juga: Mau Ganti Aki, Lebih Baik Aki Basah Atau Kering?

Saat ini diler Auto2000 menawarkan program penjualan menarik bagi tenaga medis yang berjuang mencegah penyebaran virus corona.Auto2000 Saat ini diler Auto2000 menawarkan program penjualan menarik bagi tenaga medis yang berjuang mencegah penyebaran virus corona.

“Jam kerja kurang lebih sama, sekitar jam 08.00 – 16.00 WIB. Konsumen bisa datang langsung, pakai home service ataupun pickup service,” kata Anton.

Tak hanya Toyota, bengkel resmi Honda juga tetap melayani kebutuhan pelanggan dengan membuka jaringan diler di sejumlah titik di Jakarta.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, memastikan semua bengkel resmi Honda tetap buka selama PSBB tahap kedua.

Baca juga: Begini Cara Deteksi Mobil Bekas Kecelakaan

Diler Honda Cimone di Tangerang, punya fasilitas perbaikan bodi dan cat.HPM Diler Honda Cimone di Tangerang, punya fasilitas perbaikan bodi dan cat.

“Semua diler kami buka dengan pelayanan normal, tentunya dengan mengikuti aturan yang berlaku dengan pembatasan jumlah orang yang masuk dan mengikuti protokoler kesehatan yang ketat,” ucap Billy, kepada Kompas.com (20/9/2020).

Berdasarkan keterangan yang ditunjukkan Billy, rata-rata bengkel resmi Honda di kawasan Jabodetabek sudah mulai beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Ada juga yang beroperasi pukul 07.00 atau 09.00 WIB. Sementara jam pulang paling cepat pukul 15.00 WIB, dan yang paling malam hingga pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Saat Mobil Berhenti di Lampu Merah, Sebaiknya Aktifkan Handbrake atau Rem Kaki?

Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki                  SIS Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki

Tak ketinggalan Direktur Pemasaran Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra, yang menjelaskan bahwa bengkel resmi Suzuki di Jakarta masih beroperasi selama PSBB tahap kedua.

"Pada Prinsipnya kami mengikuti regulasi, jadi tetap beroperasi namun dengan pembatasan yang berlaku saat ini, 25 persen saja," ujar Donny, kepada Kompas.com belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com