Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Podium, Quartararo Mengaku Frustrasi

Kompas.com - 21/09/2020, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo tampil sekuat tenaga untuk bisa meraih podium di MotoGP Emilia Romagna. Ketika dirinya berhasil finis di urutan ketiga, podium tersebut harus direlakannya ke pebalap lain.

Quartararo awalnya berhasil meraih posisi ketiga setelah bersaing dengan pebalap KTM, Pol Espargaro. Sayangnya, saat persaingan di lap terakhir, pihak Race Direction mendapati Quartararo melebihi track limit.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Emilia Romagna, Dovi Teratas Unggul 1 Poin

Alhasil, pebalap asal Prancis tersebut diganjar penalti berupa Long Lap Penalty. Namun, Quartararo mengaku tak menerima peringatan sebelumnya.

Fabio Quartararo saat balapan di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo saat balapan di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Untuk diketahui, pebalap dikatakan melebihi track limit ketika kedua roda motornya berada di luar trek. Saat ada pebalap yang melakukannya, akan diberi peringatan melalui pesan yang muncul di dasbor. Ketika sudah terjadi lima kali, maka Long Lap Penalty akan diberikan.

"Saya mendapat Long Lap Penalty, tapi manajemen balap tidak mengirimkan pesan apapun di layar. Saya sedikit terkejut setelah balapan berakhir. Saya menyadari penalti ketika melewati area Long Lap dan sudah terlambat untuk menjalani hukuman," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com.

Quartararo menambahkan, jika diberi peringatan sebelumnya, dirinya akan lebih berhati-hati dan melebihi track limit sampai lima kali.

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020, Drama Kemenangan Vinales

"Ini salah saya juga, tapi saya tidak mengetahui itu, dan di atas motor Anda tidak akan begitu bisa melihatnya," kata pebalap dengan nomor start 20 tersebut.

Quartararo mengaku, dirinya mengecek layar dasbor tiga kali tiap lap. Jika ada peringatan, dia akan melihatnya. Namun, tidak ada peringatan apa pun yang muncul di motornya.

"Mungkin tim juga harus memberikan informasi tersebut di pit board. Untuk sekarang, saya frustrasi," ujar Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com