Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Mobil Bekas yang Mereknya Tak Ada Lagi di Indonesia

Kompas.com - 06/07/2020, 13:41 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) mobil memutuskan untuk menghentikan produksi dan menjual mobil baru di Indonesia.

Ada sejumlah brand yang tidak lagi memasarkan produknya, seperti Ford, Chevrolet, Proton, dan juga sejumlah merek lainnya.

Meski tidak lagi memasarkan produk baru, tentunya mobil bekas (mobkas) dari merek-merek tersebut juga masih banyak dijual di pasaran.

Lalu bagaimana dengan harga mobkas dari beberapa merek yang ternyata sudah tidak lagi dijual di Indonesia?

Baca juga: 10 Mobil Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Bisa Dapat Honda Jazz

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, harga mobil bekas yang tidak lagi ada pabriknya di Indonesia tentunya berpengaruh terhadap harga jualnya.

Chevrolet Spark Chevrolet Spark

Banyak pertimbangan yang diambil oleh pembeli saat membeli mobil bekas. Mulai ketersediaan sparepartnya dan juga kelangsungan pemasaran dari produsen pabrik mobil itu sendiri.

Dengan tidak adanya pabrik perakitan dan juga pemasaran produk barunya tentunya akan membuat pembeli berpikir kembali.

Herjanto mencontohkan, Datsun dengan produknya Datsun Go yang sekarang tidak banyak populasinya dan penjualannya pun lebih sulit dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, dari Picanto sampai Accord

“Populasinya tidak banyak, jadi yang jual juga jarang. Kalau dibandingkan dengan Calya atau Sigra, perbandingannya bisa satu banding sepuluh, sedikit dan jarang kelihatan,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk harga mobkas Datsun Go atau Go+ rakitan 2014 di pasar jual beli online ada yang masih menjual dengan harga Rp 65 jutaan hingga Rp 75 jutaan.

Chevrolet Captiva lansiran 2013 dijual dengan harga Rp 140 juta, Orlando 1.8 LT lansiran tahun 2015 dipasarkan dengan harga Rp 155 juta. Chevrolet Spin 1.3 rakitan tahun 2013 dijual dengan harga Rp 90.850.000.

Auto Kencana Group masih aktif menjual mobil Ford. Saat ini hanya tinggal stok Everest dan Ranger yang jumlahnya sekitar 70 unit.Nugroho Suharlim Auto Kencana Group masih aktif menjual mobil Ford. Saat ini hanya tinggal stok Everest dan Ranger yang jumlahnya sekitar 70 unit.

Selain Chevrolet, ada juga merek lain yang tidak lagi memproduksi di Indonesia, yakni Ford. Untuk harga mobkas sejumlah tipe dari produsen yang sudah ada di Indonesia sejak 1989 itu juga bervariasi.

Misalkan Ford Focus S Hatchback 2012 yang masih dijual di laman jual beli online dengan harga Rp 140 juta. Ada juga Ford Ranger lansiran tahun 2015 dijual dengan harga Rp 245 juta, Ford Fiesta 2010 dijual dengan harga Rp 67,5 juta.

Baca juga: Ini Aturan Naik Bus Tingkat Werkudara di Solo Selama Pandemi

Mobkas dari merek lainnya seperti Proton juga masih banyak dijual di situs jual beli online. Beberapa model mobil Proton yang dijual seperti Proton Exora matik 2013 yang dijual dengan harga Rp 72,5 juta.

Proton Exora Supreme 2010 dijual dengan harga Rp 72,5 juta, Proton Persona Gen 2 manual dipasarkan dengan banderol Rp 75 juta.

Ada juga yang menjual Proton Satria Neo lansiran tahun 2013 dengan harga Rp 150 juta, Proton Preve 2013 dijual dengan harga Rp 98 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com