Kisaran Harga Mobil Murah Bekas di Tengah Pandemi, Mulai Rp 70 Jutaan

Kompas.com - 06/07/2020, 11:12 WIB
Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC Rianto Prasetyo/GridOto.comDaihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan bermotor roda empat hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) alias low cost green car ( LCGC) masih menjadi primadona di pasar mobil bekas hingga awal semester II/2020.

Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menjelaskan, hal ini dikarenakan pilihan mobil yang sangat beragam (ketersediaannya banyak) dan harga miring.

"Biasanya mobil ini dibeli untuk secondary car, sehingga faktor harga menjadi penting. Kemudian dilihat dari sisi pajak dan biaya perawatannya," kata dia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, dari Picanto sampai Accord

Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020Kompas.com Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020

"Adapun terkait harga, beragam. Mulai dari Rp 80 juta sampai di bawah Rp 150 juta, tergantung tahun produksi dan kondisi mobil," lanjut Herjanto.

Melansir berbagai sumber, dengan modal Rp 70 jutaan kini sudah bisa membawa pulang Daihatsu Ayla X transmisi manual lansiran 2013 dan Toyota Agya G AT tahun 2014.

Jika ingin naik kelas, pilihan terdekatnya adalah Daihatsu Sigra X tahun 2015 (Rp 77 juta) atau Suzuki Karimun Wagon R 2015 (Rp 75 juta).

Sementara harga mobil bekas Ayla dan Agya tahun muda atau sekitar 2017/2018, dipasarkan mulai dari Rp 105 jutaan. Banderolan tersebut tak jauh berbeda dengan Calya-Sigra produksi 2017.

Baca juga: 10 Mobil Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Bisa Dapat Honda Jazz

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

Meski tidak ketersediaannya terbatas, Honda Brio Satya juga bisa jadi alternatif di segmen ini. Hanya saja harganya terbilang masih tinggi dan stabil, berkisar di antara Rp 100 juta hingga Rp 130 juta untuk produksi 2015-2018.

“Ingat, jangan tergiur dengan harga murah, pembeli harus tetap waspada. Terutama pada kondisi bagian bodi mobilnya," kata Herjanto.

Berikut kisaran harga LCGC bekas di Juli 2020:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X