Vespa T5 Prototipe Rally, Super Rare Tersisa Satu di Dunia

Kompas.com - 30/06/2020, 10:22 WIB
Vespa T5 Prototipe Rally Foto: press.piaggiogroup.comVespa T5 Prototipe Rally

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika bicara Vespa langka maka salah satunya ialah Vespa T5 Prototipe Rally. Seperti tertera pada namanya, model ini dikembangkan dari Vespa T5 untuk mengikuti ajang reli.

Vespa T5 Prototipe Rally hanya dibuat sebanyak empat unit. Motor ini dikembangkan sebab Piaggio ingin menjajal balapan Paris-Dakar. Tetapi kemudian proyeknya batal, dan tiga dari empat motor dihancurkan.

Baca juga: Vespa Excel 150, Motor Jadul tapi Makin Digemari

Vespa T5 Prototipe RallyFoto: press.piagiogroup.com Vespa T5 Prototipe Rally

"Tiga lainnya dihancurkan dan yang keempat selamat 'secara kebetulan' yang kemudian disebut 'cadangan' karena tidak digunakan untuk balapan," tulis keterangan Museopiaggio.it dikutip Selasa (30/6/2020).

Sebagai satu-satunya spesimen yang ada di dunia, Vespa T5 Prototipe Rally merupakan bukti kekayaan intelektual Piaggio. Saat ini T5 Prototipe Rally dipamerkan di musim Piaggio di Pontedera, Italia. Kondisi ini juga membuat motor ini berstatus super rare alias langka banget, jadi incaran kolektor kelas dunia.

Vespa T5 Prototipe RallyFoto: Tripadvisor Vespa T5 Prototipe Rally

"Ini adalah satu-satunya spesimen yang tersisa dari empat skuter Vespa eksperimental yang dibangun pada tahun 1985 dengan uji mesin bertanggal 11 Desember 1985," tulis Museopiaggio.

Vespa T5 Prototipe Rally punya bentuk yang aneh atau unik. Garis besarnya masih T5 tapi dengan beragam modifikasi. Seperti yang terlihat ialah poporsinya lebih jangkung dengan tambahan ban tapak kasar.

Baca juga: Mengenal Vespa T5, Serupa tapi Tak Sama dengan Excel

Vespa T5 Prototipe RallyFoto: museopiaggio.it Vespa T5 Prototipe Rally

Sasis tengah di antara dek diberi tambahan dua buah pipa sebagai penguat rangka monokok. Sedangkan di bagian bawah ditambahkan skid plate untuk melindungi knalpot dan mesin saat melibas jalan kasar atau tidak rata.

Kemudian jok standar lurus diganti dengan model single seater kecil. Adapun yang semula jok belakang menjadi tempat tangki besar, karena motor penjelajah harus punya persediaan BBM yang mumpuni.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X