Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa T5 Prototipe Rally, Super Rare Tersisa Satu di Dunia

Kompas.com - 30/06/2020, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika bicara Vespa langka maka salah satunya ialah Vespa T5 Prototipe Rally. Seperti tertera pada namanya, model ini dikembangkan dari Vespa T5 untuk mengikuti ajang reli.

Vespa T5 Prototipe Rally hanya dibuat sebanyak empat unit. Motor ini dikembangkan sebab Piaggio ingin menjajal balapan Paris-Dakar. Tetapi kemudian proyeknya batal, dan tiga dari empat motor dihancurkan.

Baca juga: Vespa Excel 150, Motor Jadul tapi Makin Digemari

Vespa T5 Prototipe RallyFoto: press.piagiogroup.com Vespa T5 Prototipe Rally

"Tiga lainnya dihancurkan dan yang keempat selamat 'secara kebetulan' yang kemudian disebut 'cadangan' karena tidak digunakan untuk balapan," tulis keterangan Museopiaggio.it dikutip Selasa (30/6/2020).

Sebagai satu-satunya spesimen yang ada di dunia, Vespa T5 Prototipe Rally merupakan bukti kekayaan intelektual Piaggio. Saat ini T5 Prototipe Rally dipamerkan di musim Piaggio di Pontedera, Italia. Kondisi ini juga membuat motor ini berstatus super rare alias langka banget, jadi incaran kolektor kelas dunia.

Vespa T5 Prototipe RallyFoto: Tripadvisor Vespa T5 Prototipe Rally

"Ini adalah satu-satunya spesimen yang tersisa dari empat skuter Vespa eksperimental yang dibangun pada tahun 1985 dengan uji mesin bertanggal 11 Desember 1985," tulis Museopiaggio.

Vespa T5 Prototipe Rally punya bentuk yang aneh atau unik. Garis besarnya masih T5 tapi dengan beragam modifikasi. Seperti yang terlihat ialah poporsinya lebih jangkung dengan tambahan ban tapak kasar.

Baca juga: Mengenal Vespa T5, Serupa tapi Tak Sama dengan Excel

Vespa T5 Prototipe RallyFoto: museopiaggio.it Vespa T5 Prototipe Rally

Sasis tengah di antara dek diberi tambahan dua buah pipa sebagai penguat rangka monokok. Sedangkan di bagian bawah ditambahkan skid plate untuk melindungi knalpot dan mesin saat melibas jalan kasar atau tidak rata.

Kemudian jok standar lurus diganti dengan model single seater kecil. Adapun yang semula jok belakang menjadi tempat tangki besar, karena motor penjelajah harus punya persediaan BBM yang mumpuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com