Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Atau Fakta, Perempuan Lebih Pilih Tampilan Saat Beli Mobil?

Kompas.com - 13/05/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paradigma yang mengatakan bahwa pengemudi mobil identik dengan laki-laki sepertinya sudah luntur. Pasalnya, saat ini sudah banyak wanita yang mengendarai sendiri kendaraan pribadinya baik mobil maupun motor.

Tingkat mobilitas yang tinggi membuat para kaum hawa lebih memilih mengendarai mobil sebagai alat transportasi pilihan. Upaya ini juga dilakukan demi meminimalisir tingkat kejahatan dan pelecehan seksual yang marak terjadi.

Bicara soal memilih kendaraan, pilihan para wanita memang sedikit berbeda dengan laki-laki.

Banyak yang beranggapan wanita lebih mengedepankan sisi emosional dibandingkan fungsional. Jika lelaki lebih fokus kepada perfoma sebuah mobil, maka wanita lebih memikirkan tampilan, desain, serta suasana interior.

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Bakteri, Ayo Bersihkan Filter Kabin Mobil

Lantas, benarkah hal tersebut?

Desain mobil terbaik 2017 Desain mobil terbaik 2017

“Secara umum, konsumen perempuan biasanya memang membeli mobil berdasarkan desain, ukuran dan kemudahan mengendarai mobil tersebut,” ujar Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, kepada Kompas.com.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kaca Film Mobil

Selain itu, teknologi yang ditawarkan oleh beberapa pabrikan saat ini membuat wanita lebih mudah dalam berkendara.

Pengemudi wanita sebenarnya saat ini tidak perlu terlalu khawatir dalam memilih mobil, karena saat ini berbagai teknologi seperti transmisi otomatis, keyless entry, atau power tailgate, sangat memudahkan pengemudi baik wanita maupun laki-laki,” ujar Billy.

General Manager Marketing Planning Division PT TAM, Mohammad Farauk, menambahkan, brand yang terpercaya juga merupakan salah satu faktor dalam keputusan membeli mobil.

“Selain faktor desain dan fitur yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, brand yang sangat mereka percayai juga menjadi salah satu faktor dalam membeli kendaraan,” ujar Farauk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com