Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Ubah Xenia Jadi Kendaraan Swab Test Covid-19

Kompas.com - 13/05/2020, 03:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membantu memerangi wabah Covid-19, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mendonasikan satu unit Xenia untuk dimodikasi menjadi mobil Siaga Covid-19.

MPV murah tersebut akan dirombak oleh Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai kendaraan tenaga medis guna melakukan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RTPCR) yang umum dikenal swab test ke masyarakat.

Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affairs Division Head PT ADM, mengatakan bila donasi ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah memerangi pandemi Covid-19.

Baca juga: Catat, Ini 2 Kesalahan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

"Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19. Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Yogyakarta," ujar Haryanto dalam keterangan resminya, Selasa (12/5/2020).

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Xenia Siaga Covid-19 akan digunkan sebagai kendaraan swab test keliling bagi masyarakat yang membutuhkan pengecekan. Modifikasi yang dilakukan juga bertujuan memberikan keselamatan bagi tenaga medis.

Konsepnya, saat pengambilan sampel, nantinya tenaga medis akan berada di dalam kabin mobil, sementara pasien atau masyarakat berada di luar.

Baca juga: Bawa DNA Racing, Kontes Modifikasi Virtual Honda Brio Kembali Dihelat

Ilustrasi tes corona dengan menggunakan metode swab atau usap untuk mengetahui seseorang terinfeksi Covid-19.Horth Rasur Ilustrasi tes corona dengan menggunakan metode swab atau usap untuk mengetahui seseorang terinfeksi Covid-19.

 

Dengan demikian, tenaga medis akan lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan APD.

Xenia itu tersebut juga dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic, dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien, juga perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com