Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Visor Helm, Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 29/04/2020, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kaca atau visor merupakan bagian penting pada helm, berfungsi menjaga visibilitas bikers melihat ke jalan tanpa terganggu angin ataupun air hujan. Kalau mencuci mobil pakai sabun cuci piring jangan dilakukan, buat visor helm diperbolehkan.

Apalagi dengan diperpanjangnya masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), membuat helm jarang digunakan karena tidak keluar rumah. Helm yang jarang dipakai, akan ditempeli debu, salah satunya pada bagian visor.

Debu halus yang menempel pada bagian visor, jika langsung dilap, bisa timbul baret halus. Oleh karena itu, membersihkan visor tidak bisa langsung dilap begitu saja, bisa dengan dibilas dengan air lalu dicuci menggunakan sabun cuci piring.

Baca juga: 4 Hari Larangan Mudik, Hampir 5.000 Kendaraan Berhasil Dipukul Mundur

Cuci visor helmmedcom.id Cuci visor helm

“Mencuci visor helm dengan sabun cuci piring boleh dilakukan, karena dapat dengan cepat membersihkan kotoran. Sebelumnya, dibilas dengan air dan dilap dengan jari untuk membersihkan debu yang menempel,” ucap Ahmad M, salah satu pegiat komunitas pecinta helm, Belajar Helm, kepada Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Mencuci dengan menggunakan sabun cuci piring lebih disarankan daripada menggunakan detergen. Efek jika mencuci visor helm dengan detergen yaitu timbul bercak putih ketika sudah kering. Bercak ini tentunya bisa mengganggu pengendara saat digunakan.

Baca juga: Jarang Pakai Kick Starter pada Motor Matik, Awas Mesin Jebol

“Selain bisa menggunakan sabun cuci piring, sekarang sudah banyak cairan pembersih untuk semua permukaan yang bisa digunakan untuk membersihkan helm. Lebih praktis digunakan karena tinggal semprot dan lap dengan kain yang bersih,” kata Ahmad.

Jika sudah selesai dicuci, helm bisa ditutup dengan sarung helm yang diberikan ketika beli helm baru. Menggunakan sarung helm bisa mengurangi debu yang menempel, apalagi seperti sekarang, helm jarang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com