Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Visor Helm Pilih Pembersih Water Base atau Alcohol Base?

Kompas.com - 21/04/2020, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain batok dan bagian dalam helm. Bagian yang tidak kalah penting untuk selalu dijaga ialah kebersihannya ialah bagian kaca atau visor.

Saat ini banyak cairan pembersih di pasaran. Namun menurut Irwansyah, Technical Support dari DeRide Store, merawat visor cukup gunakan air tanpa menggunakan cairan pembersih.

Baca juga: Naik Motor Saat Pandemi Corona, Sebaiknya Pakai Helm Full Face

Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.

"Cukup gunakan air bersih, kemudian keringkan dari air yang menempel pada visor menggunakan kain lap yang bersih dan lembut," kata Irwansyah kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tugimin, Research & Development PT Tarakusuma Indah (TI) selaku produsen helm KYT, menyarankan, jika ingin memakai cairan pembesih helm untuk visor maka pilih yang berbahan dasar air (water base) atau alcohol based.

Baca juga: Kapan Waktunya Harus Ganti Ban Dalam Motor?

Membersihkan helm. Motorcycle Membersihkan helm.

"Carilah yang kandungan bahannya water based atau alcohol based. Kedua bahan tersebut lebih aman dari solvent based. Mohon selalu teliti saja saat memilih produk-produk," katanya.

Berbeda dengan cairan pembersih water base dan alcohol base, pemberisih solvent base bisa memiliki lebih dari satu bahan kimia sebagai bahan utama.

Sebab kata Tugimin, saat ini visor helm umumnya mamakai lapisan coating anti gores yang dapat rusak jika memakai cairan pembersih yang punya kandungan kimia aktif yang keras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com