Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Parkir Bisa Gulung Tikar Jika Pandemi Tak Berakhir

Kompas.com - 24/04/2020, 15:34 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah pemerintah menerapkan physical distancing, work from home (WFH) dan kini dikikuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berpengaruh pada banyak sektor termasuk bisnis parkir.

Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), mengatakan, bisnis parkir sebagai bisnis turunan ikut terpukul tutupnya beberapa kawasan wisata, pusat perbelanjaan, perkantoran dan restoran.

Baca juga: Alasan Kenapa Posisi Ban Harus Lurus Selama Mobil Parkir

"Dari data yang diperoleh terjadi penurunan pendapatan antara 75-90 persen. Akan bertambah parah PSBB diberlakukan di beberapa daerah di Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya, Makassar dan beberapa kota lain," kata Rio saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

Rio mengatakan kondisi ini cukup berat. Apalagi saat ini industri perparkiran di Indonesia telah menyerap hampir 1,3 juta tenaga kerja yang terdiri dari petugas lapangan sampai tenaga administrasi.

Beberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.7leopold7.com Beberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.

"Untuk mengantisipasi kesulitan likuiditas serta menjaga cash flow perusahaan, beberapa perusahaan parkir telah melakukan pengurangan pegawai," katanya.

Baca juga: Cara agar Tetap Aman dari Maling Selama Mobil Parkir di Luar Rumah

Rio mengatakan, jumlah pegawai yang akan menganggur bakal makin besar jika kondisi seperti ini terus berlangsung. Sebab saat ini banyak perusahaan yang cuma bisa bertahan sampai Juni 2020.

"Banyak perusahaan parkir yang hanya dapat bertahan sampai Mei-Juni 2020. Bila wabah ini berkepanjangan melampaui Mei-Juni 2020 maka dipastikan banyak perusahaan parkir yang tutup," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com