Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Cegah Biosolar Mengendap

Kompas.com - 10/03/2020, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kekhawatiran kandungan minyak sawit, solar nabati, alias biosolar, yakni B30 ke atas membuat bahan bakar ini mudah mengendap di tangki. Kondisi itu akan merugikan karena membuat filter berkerja keras dan mesin sulit hidup.

Managemen Produk UD Astra Motor Indonesia, Catur Yudi, mengatakan, sebetulnya tidak perlu khawatir B30 akan mengendap di tangki. Cukup jalankan kendaraan seperti biasa untuk menghindari pengendapan.

Baca juga: Kenapa Kaca Spion Truk Beda Antara Sebelah Kiri dan Kanan?

"Kalau bisa setiap mobil, bus atau truk kondisinya itu running terus, artinya setiap hari jalan supaya solar terpakai, kalau terpakai tidak ada lagi tersisa dan digantikan terus dengan yang baru," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi biodiesel B30esdm.go.id Ilustrasi biodiesel B30

Adapun kalau truk jarang dipakai, lanjut Yudi, maka minimal dua atau tiga hari sekali hidupkan mesin dengan rentang lima sampai 10 menit. Supaya solar yang ada di tangki memanas dan tidak mengendap atau beku.

Baca juga: Mengenal Istilah Truk ODOL, Over Dimension Over Loading

Selain itu, katanya, dari segi pengisian bahan bakar. Hal ini biasanya terjadi pada perusahaan yang membeli solar industri untuk banyak truk. Perhatikan cara pengisian, tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan air hujan.

"Air atau panas itu dia akan timbul mikroba. Kalau harus mengisi di SPBU misalkan, bisa cari SPBU yang ramai, yang artinya habis tidak banyak yang menyendap. Sebab kalau tidak tersikulasi dengan baik efeknya malah kurang bagus," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com