Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Oversteer dan Understeer Saat Naik Motor di Musim Hujan

Kompas.com - 09/01/2020, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan yang cukup tinggi membuat potensi kecelakaan saat berkendara meningkat. Salah satu penyebabnya adalah oversteer dan understeer saat mengendarai sepeda motor.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), mengatakan, oversteer dan understeer adalah sebuah fenomena selip. Menurutnya, selip adalah keadaan di mana salah satu atau kedua roda berkurang cengkraman atau traksinya.

Baca juga: Kenali Gejala Oversteer dan Understeer pada Motor di Musim Hujan

"Oversteer adalah selip yang terjadi di roda belakang. Sedangkan understeer, kondisi selip yang selalu terjadi pada roda depan," ujar Jusri, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi berkendaraOtomania/Setyo Adi Ilustrasi berkendara

Jusri menambahkan, cara penanganan oversteer harus ketahui dulu penyebabnya apa. Kalau akselerasi yang terlalu cepat, harus tutup gas atau kopling.

"Kalau direm, nanti malah terkunci. Kalau penyebabnya karena rem belakang yang terkunci, maka remnya yang harus dibuka," kata Jusri.

Baca juga: Risiko bila Suspensi Motor Kemasukan Air, Bantingan Jadi Keras

Lalu, untuk mengatasi understeer, jika diakibatkan oleh dorongan roda belakang, tinggal rem saja atau kurangi kecepatan. Jusri menyarankan untuk meluruskan posisi motor, sehingga antara roda depan dan roda belakang menjadi sejajar.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, tentu harus lebih berhati-hati saat berkendara. Perhatikan cara berkendara, batas kecepatan, dan lingkungan sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com