Kenali Gejala Oversteer dan Understeer pada Motor di Musim Hujan

Kompas.com - 08/01/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan kadintiyatrosu.orgIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, permukaan jalan yang basah membuat potensi kendaraan menjadi tergelincir lebih besar. Keadaan tersebut juga biasa disebut dengan istilah oversteer dan understeer.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), mengatakan, oversteer dan understeer, penyebab utamanya bukan karena ban yang salah, gundul atau yang lainnya, juga bukan karena lintasan yang licin.

Baca juga: Tips Merawat Motor Custom Ketika Musim Hujan

" Oversteer dan understeer adalah sebuah fenomena selip. Selip itu adalah keadaan di mana salah satu atau kedua roda berkurang cengkraman atau traksinya," ujar Jusri, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim HujanShutterstock Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

Jusri menjelaskan, oversteer adalah selip yang terjadi di roda belakang. Bisa terjadi karena pengereman mendadak lalu roda mengunci, bisa juga terjadi karena akselerasi yang terlalu tinggi, atau deselerasi yang tinggi pada kondisi tersebut.

"Burnout juga termasuk ke dalam oversteer. Ciri-ciri oversteer adalah roda belakang yang selip. Jadi, roda belakang cenderung lari ke depan, mau menyusul roda depan," kata Jusri.

Baca juga: Saat Hujan, Pemotor Dilarang Melakukan Hal Ini

Sedangkan understeer, menurut Jusri, adalah kondisi selip yang selalu terjadi pada roda depan. Penyebabnya adalah menikung dengan sudut yang terlalu tajam, lalu roda depan terkunci karena pengereman.

"Bisa juga karena putaran roda depan lebih lambat daripada roda belakang," kata Jusri.

Baik oversteer maupun understeer tentu akan sangat berbahaya jika terjadi saat kendaraan menikung. Korban bisa terjatuh dan terseret, dan akan lebih bahaya lagi jika ada kendaraan yang datang dari arah berlawanan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X