Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulitnya Menghilangkan Bau Rokok di Mobil Hingga Tuntas

Kompas.com - 26/06/2019, 15:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Merokok di dalam mobil menjadi kebiasaan buruk banyak pengendara. Kebiasaan buruk ini dilakukan karena rokok dipercaya dapat mengusir rasa kantuk saat berkendara ataupun meningkatkan konsentrasi.

Terlepas dari segala stereotip tersebut, kebiasaan merokok di dalam mobil berimbas pada ketidaknyamanan penumpang maupun pengemudi itu sendiri. Sebab, bau rokok yang menempel di seluruh ruang kabin mobil sulit dihilangkan.

Menggunakan pewangi beraroma kopi atau lainnya yang keras pun tak cukup menghilangkan aroma rokok. Malah sebaliknya, kabin mobil menjadi tidak nyaman.

"Memang rokok itu adalah salah satu 'pengganggu' kenyamanan yang bandel, khususnya pada baunya. Sebab satu kali rokok saja sudah menempel di seluruh kabin mobil," jelas Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi kepada Kompas.com di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019).

Baca Juga : Kabin Mobil Bisa Jadi Sarang Kotoran

Ilustrasi dilarang merokok.SHUTTERSTOCK Ilustrasi dilarang merokok.

Belum lagi biasanya rokok meninggalkan bercak di plafon mobil ataupun bagian lain yang berbahan kain. Abu rokok di sela-sela interior juga tak kalah merepotkan untuk dibersihkan.

"Untuk menghilangkan bau rokok harus lakukan pembersihan interior, di lap tiap hari tergantung banyaknya intensitas merokok di dalam mobil. Atau bisa juga ke salon dengan mengambil treatment fogging interior," kata Ario.

Biaya pembersihan mobil di salon bermacam-macam. Menghilangkan bau rokok sendiri sekitar Rp 500 ribu, berdasarkan daftar harga di Autospa Bekasi. Pembersihan detail mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 1,6 juta.

Sedangkan bila memilih membersihkan sendiri, ada beberapa bagian mobil yang patut diperhatikan, yaitu kompartemen dekat tuas transmisi, kaca bagian dalam, plafon, bagian bawah karpet, serta sela-sela kecil di dalam kabin. Pengguna bisa juga menggunakan vacuum cleaner demi memudahkan pembersihan.

Baca Juga : Jangan Sepelekan Indikator di Panel Instrumen Mobil

Setelahnya, biarkan kaca jendela mobil dalam keadaan terbuka dalam beberapa menit. Hal ini dilakukan guna membuat sirkulasi udara kabin mobil segar kembali sekaligus menghilangkan bau rokok yang masih tersisa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com