Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil 2019 Tembus 1 Juta Unit

Kompas.com - 26/06/2019, 09:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johannes Nangoi optimistis penjualan mobil baru sampai akhir 2019 bisa tembus 1 juta unit. Bahkan, dipercaya tetap sesuai target yang ditentukan, yakni sekitar 1,1 juta unit.

Nangoi mengakui bahwa penjualan mobil dalam lima bulan terakhir mengalami penurunan sekitar 14,72 persen atau jumlah wholesales Januari-Mei 2019 mencapi 422.038 unit, sementara tahun lalu diperiode yang sama tembus 494.931 unit.

"Secara pasar kami akui turun, tetapi kami harapkan Juli ini setelah kondisi politik normal, pasar bisa kembali pulih lagi," ujar Nangoi ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (25/6/2019).

Baca juga: Daihatsu Optimistis Penjualan Mobil Tahun Ini Tembus 1 Juta Unit

Menurut Nangoi, sampai sekarang ini Gaikindo belum melakukan revisi target atau tetap sesuai acuan, yakni 1,1 juta unit. Penurunan penjualan disebabkan oleh kondisi politik yang belum kondusif sehingga konsumen rata-rata menunda untuk membeli mobil.

"Politik salah satu penyebab utamanya. Tetapi kami optimistis minimal bisa tetap sama seperti jumlah penjualan tahun lalu. Ditambah lagi Juli ada pameran otomotif dan faktor pendukung lain yang bisa mendongkrak penjualan mobil baru," kata Nangoi.

Total penjualan mobil baru secara nasional pada 2018 mencapai 1.152.641 unit yang terdiri dari kendaraan penumpang dan komersial. Pencapaian ini meningkat dari 2017 yang hanya mencapai 1.067.396 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com