Kabin Mobil Bisa Jadi Sarang Kotoran

Kompas.com - 25/06/2019, 18:23 WIB
Interior Honda BR-V, Jepara Interior Honda BR-V, Jepara

BEKASI, KOMPAS.com - Mobil yang terlihat bersih setelah dicuci bukan berarti benar-benar bebas dari kotoran. Ada beberapa titik pada mobil dimana noda dan debu terus menempel, tak terlihat mata.

Di antaranya adalah pada bagian bawah jok yakni rel kursi, sela-sela pintu, doortrim, plafon mobil, kolong mobil, dan beberapa titik di mesin. Biasanya, untuk membersihkan bagian itu diperlukan pengerjaan ekstra.

"Kotoran tersebut sifatnya akumulasi, maka sebelum terlalu banyak baiknya dibawa ke salon. Karena semakin tidak dirawat, semakin sulit juga nanti hilangnya," kata Ario Hadi, Operation Manager Autospa Bekasi kepada Kompas.com di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019).

Baca Juga : Jangan Sepelekan Indikator di Panel Instrumen Mobil

Contohnya bila ada noda kecoklatan pada plafon mobil. Bagian tersebut sulit untuk dibersihkan, tapi bila tidak segera dilakukan tindakan, noda akan sulit hilang, hanya tersamarkan saja.

"Lalu noda keringat yang biasanya tertinggal di doortrim maupun dasbor, seperti flek-flek putih. Ini kasat mata, tapi sebenarnya banyak juga kotorannya. Paling banyak itu di sela-sela pintu, bahkan sering kali sampai berkerak," tutur Ario.

Di kesempatan sama, Ario juga menyampaikan risiko lain bila noda dibarkan begitu saja. Selain akan sulit dihilangkan, ada kemungkinan mobil bermasalah seperti korosi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X