Jangan Sepelekan Indikator di Panel Instrumen Mobil

Kompas.com - 25/06/2019, 10:42 WIB
Panel instrumen Jazz faceliftcarscoops.com Panel instrumen Jazz facelift

Jakarta, KOMPAS.com - Setiap mobil telah dilengkapi panel instrumen yang menyajikan banyak simbol indikator di hadapan pengemudi. Keberadaan layar informasi ini penting guna memantau kondisi terkini kendaraan.

Informasi yang disajikan beragam, tergantung dari mobil masing-masing konsumen. Tetapi, beberapa yang umum, antara lain speedometer, temperatur mesin, fungsi aki, sabuk keselamatan atau seatbelt, rem tangan, cek mesin, dan meteran bahanbakar. Namun, tidak semua pengemudi memahami arti simbol-simbol yang disajikan itu.

Kondisi tersebut diakui oleh Technical Sevice Division PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, khususnya pada pengemudi baru. Ia menyatakan, kurangnya informasi membuat mereka kurang peduli dengan indikator pada panel instrumen.

"Indikator pada panel instrumen mobil itu pada dasarnya adalah pengingat kepada pengemudi untuk melakukan pengecekan kembali dengan segera karena ada yang salah. Sehingga penting untuk memperhatikan itu dan segera dilakukan tindakan dengan membawanya ke bengkel," kata Anjar saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, kemarin (25/6/2019).

Baca Juga : Tips Posisi Mobil Ketika di Jalan Tanjakan dan Turunan

Meter Cluster Toyota CalyaAditya Maulana - Otomania Meter Cluster Toyota Calya

Bilamana abai dengan informasi yang disajikan tadi, Anjar mengingatkan, ada dampak yang menanti. Seperti kerusakan pada mesin mobil sehingga biaya perbaikan yang besar.

"Memang tergantung pada indikator yang menyala (bermasalah). Jika indikator oli, lakukan pengecekan dahulu apakah volume sesuai standar minimum atau tidak. Kalau memang tidak, ditambahkan dahulu dan segera dibawa ke bengkel," ujar Anjar.

"Sedangkan kalau tentang overheat, bisa lakukan penambahan coolant atau tunggu mesinnya dingin sebentar. Lantas bawa ke bengkel segera. Ya memang pada dasarnya di bawa ke bengkel, bukan dipaksakan jalan kembali. Karena dampaknya nanti bisa ke mesin," tambah dia.

Untuk mengetahui masing-masing indikator pada panel instrumen, paling mudah adalah dengan membaca buku manual. Sehingga, jika ada satu indikator yang menyala, konsumen bisa segera mengetahui kondisi masalahnya apa.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X