Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Siapkan Mobil yang Terintegerasi Motor Listrik

Kompas.com - 12/05/2018, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Michigan, KOMPAS.com – Salah satu produsen otomotif besar dunia asal Amerika Serikat, Ford, mengajukan paten untuk desain mobilnya yang terbilang unik. Entah ini akan diproduksi massal dalam jangka pendek atau panjang.

Memang teknologi dalam industri otomotif sangat cepat perkembangannya, dan rata-rata diciptakan demi mengikuti kebutuhan masyarakat. Berbicara masa depan, juga masih belum bisa diprediksi akan ada apa, jadi selagi ide itu keluar tak ada salahnya untuk mematenkannya.

Bisa saja ke depannya akan ada mobil terbang, kapal selam di langit atau bahkan sepeda motor yang terintegerasi dengan mobil, seperti yang baru saja dipatenkan Ford, mengutip Autoevolution, Jumat (11/5/2018).

Secara resmi, kendaraan tersebut disebut "Kendaraan dengan Sepeda Motor Listrik Terpadu". Paten ini diterbitkan oleh Kantor Paten & Merek Dagang AS atau U.S. Patent & Trademark Office (USPTO) pada tanggal 26 April 2018, dan telah menjadi milik Ford Global Technologies.

Baca juga: Ford Jualan Lagi di Indonesia, Juli?

Orang-orang di belakang gagasan itu adalah tiga warga Jerman, yang percaya bahwa mesin transportasi multimodal, harus bisa memberikan jalan keluar pada jalan-jalan yang padat di dunia modern.

Sesuai ketentuan paten, sepeda motor listrik dipasang di antara pengemudi dan kursi penumpang dengan sistem kemanan khusus, agar motor tak bergerak liar saat masih di dalam kendaraan.

Ketika sepeda motor akan dikeluarkan, kap depan terbuka, dan sepeda motor itu keluar dari sisi depan melalui hidung mobil. Menarik ditunggu kelanjutan dari pengembangan mobil unik milik Ford ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com