Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terlalu Yakin dengan Kondisi Kendaraan saat Mau Liburan

Kompas.com - 24/12/2017, 12:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pakai mobil pribadi jadi salah satu pilihan moda transportasi, saat akan berlibur atau melakukan perjalanan jauh di akhir tahun. Namun, jangan sampai luput untuk memeriksa kendaraan terlebih dahulu.

Pasalnya, kondisi mobil yang tidak prima dengan beberapa komponen yang sudah habis usianya dan tidak diganti, bisa menimbulkan malapetakan di jalan. Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) coba mengingatkan hal tersebut.

Anjar menyarankan, untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan soal kondisi ban dan tekanannya, kanvas rem dan pengereman, kondisi kopling, dan lampu-lampu. Kemudian terkait chemical fluid pada kendaraan, seperti oli mesin, oli transmisi, air pendingin, air wiper, minyak rem, serta jangan lupa cek kondisi AC untuk memastikan kenyamanan saat berkendara.

Baca juga : Tips Aman Lintasi Tanjakan “Off-road” buat Pemula

Ilustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta.Stanly/KompasOtomotif Ilustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta.

“Kondisi kendaraan menjadi tidak optimal dan dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendaraan saat perjalanan. Komponen yang cukup krusial untuk diperiksa agar terhindar dari malapetaka di antaranya ban, kopling dan rem,” ucap Anjar kepada KompasOtomotif, Minggu (24/12/2017).  

Jadi kata Anjar, sangat fatal ketika tidak memeriksakan kendaraannya ke bengkel untuk pengecekan yang lebih optimal. Itu jadi kelalaian yang sering dilakukan pemilik kendaraan saat mereka akan menggunakan mobil jarak jauh pada saat liburan.

“Rata-rata mereka yang lalai awalnya menganggap kalau kondisi kendaraan sudah oke ketika digunakan sehari-hari, lantas tidak dipastikan lagi saat ingin bepergian jauh,” ujar Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com