Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan-Datsun Tularkan Tips Aman Perjalanan Mudik

Kompas.com - 19/06/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain menyediakan program layanan purna jual dan bengkel siaga, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga mengadakan kegiatan “smart, safety dan eco driving workshop”, bersama komunitas Nissan-Datsun untuk persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Di sini NMI memberikan edukasi mengenai produk dan layanan Nissan-Datsun, serta berbagi tips yang bisa jadi bekal pemudik yang akan menempuh perjalanan jauh.

”Meningkatnya mobilitas di masa mudik, kami ingin memastikan semua pelanggan bisa berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman dengan aman dan nyaman. Melalui ini, kami ingin membekali komunitas Nissan-Datsun dengan berbagai tips yang bermanfaat, sehingga pengalaman mudik mereka menjadi lebih menyenangkan,” ujar Eiichi Koito, President Director NMI dalam siaran resminya, Minggu (18/6/2017).

Berkendaran Aman

Sugihendi, Trainer Nissan College menuturkan, beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengemudi jarak jauh. Mulai dari memastikan persiapan kendaraan, hingga teknik berkendara yang aman dan nyaman.

“Ada 10 sisi yang harus diperhatikan dalam persiapan, mulai dari periksa ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K, dan servis rutin secara berkala. Jika semua aspek tersebut dalam kondisi yang baik, akan membawa rasa tenang dalam perjalanan mudik,” tutur Sugihendi.

Terkait keselamatan berkendara, kata Sugihendi, pemudik harus memperhatikan beban muatan agar tidak berlebihan. Lalu lakukan istirahat setiap empat jam, dan memastikan bahwa kaca belakang mobil tidak tertutup barang-barang bawaan.

“Perhatikan manajemen barang, semua barang harus dalam keadaan terikat, atau diberi jaring pengaman, usahakan barang yang berat ada di posisi bawah untuk menjaga stabilitas. Tentunya jangan menaruh bawaan melebihi ketinggian sandaran, karena dapat mengakibatkan cedera serius saat kecelakaan,” ujar Sugendi.

Soal Berkendara Irit

Sugihendi juga meberikan informasi terkait eco-driving skill, jurusya dengan melakukan akselerasi secara bertahap, hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan. Kemudian sesuaikan cara berkendara saat menghadapi macet, untuk menghindari konsumsi BBM berlebih.

“Untuk jalanan macet stop and go, injaklah pedal gas dengan sangat halus, dan apabila memungkinkan pergunakanlah hanya pedal rem saja untuk transmisi otomatis dan CVT, demi mengurangi penggunaan bahan bakar,” ujar Sugihendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com