Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Sehat, Jualan Motor Akhir Tahun Sepi Promo

Kompas.com - 30/11/2017, 17:47 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Akhir tahun biasanya jadi ajang cuci gudang melalui promo-promo heboh, dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi di bisnis otomotif. Namun, fenomena tersebut ternyata tak menular ke pasar kendaraan roda dua.

Ini seperti yang disampaikan oleh Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia kepada KompasOtomotif, Kamis (30/11/2017). Dirinya mengatakan kalau stok sepeda motor masih terbilang sehat.

“Tren promonya tidak besar bahkan cenderung biasa saja tidak gede-gedean. Karena stok produk di seluruh anggota kami (AISI) normal dan terkendali semua. Stoknya paling sampai satu bulan saja,” ujar Sigit.

Baca juga : Perang Diskon MPV Sejuta Umat Minimal Rp 25 Juta

Diler Kawasaki di Surabaya dikelola PT Surapita UnitransFebri Ardani/Otomania Diler Kawasaki di Surabaya dikelola PT Surapita Unitrans

Tak Seheboh Mobil

Sigit mengakui bahwa kondisi yang terjadi di pasar sepeda motor, berbeda dengan yang ada di market mobil penumpang. Diskon atau promo yang besar-besaran kerap terjadi pada akhir tahun, ini lantaran stok mobil yang kemungkinan masih menumpuk banyak.

“Kalau untuk mobil seperti itu mungkin karena stok merka terlalu banyak” ujar Sigit. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk menanyakan promo atau meminta potongan harga kepada tenaga penjual sepeda motor.

Sampai saat ini, distribusi sepeda motor sepanjang Januari sampai Oktober 2017 sebanyak 4.919.804 unit, atau masih minus 0,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. AISI sendiri saja memproyeksi perolehan akhir tahun paling tidak sama seperti 2016, di bawah 6 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com