Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Practice MotoGP 2024, Bagnaia Masih Tercepat

Kompas.com - 28/06/2024, 21:33 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia, pebalap Lenovo Ducati jadi yang tercepat di sesi Practice MotoGP Belanda, Jumat (28/6/2024). Catatan tersebut membuatnya langsung lolos ke Q2 bersama sembilan pebalap lain yang masuk 10 besar.

Posisi kedua diisi Maverick Vinales dari Aprilia Racing dan ketiga ada Alex Marquez dari Gresini Racing. Posisi keempat, ditempati Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dan menutup lima besar ada Jorge Martin dari Pramac Ducati.

Pada tempat keenam, ada Marc Marquez (Gresini Racing) dan ketujuh diisi Brad Binder (Red Bull KTM).

Posisi kedelapan sampai kesepuluh diisi Enea Bastianini (Lenovo Ducati), Raul Fernandez (Trackhouse Aprilia), dan Franco Morbidelli (Pramac Ducati).

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Belanda 2024, Bagnaia Tercepat

 

Maverick VinalesInstagram @aprilia Maverick Vinales

Jalannya sesi Practice, di 30 menit pertama para pebalap masih mencari setelan yang pas. Bagnaia masih pemimpin sementara, sedangkan di bawahnya ada Jorge Martin.

Pada FP1, Martin cuma berhasil berada di posisi ke-10. Kabarnya karena dia belum percaya diri dengan bagian depan motornya.

Berselang tiga menit, Bagnaia jadi pebalap pertama yang catat waktu 1 menit 31,9 detik. Cuma harus diingat, sesi latihan masih berlangsung 25 menit lagi.

Baca juga: Mobil Listrik Bekas Sulit Dijual, Mobil Listrik Baru Terus Bermunculan

Biasanya ketika sesi tinggal 10 menit, para pebalap sudah makin percaya diri dan kencang. Mereka memakai ban yang lunak untuk masuk posisi 10 besar, jadi saat kualifikasi langsung lolos ke Q2.

Tinggal 21 menit, Maverick Vinales jadi pebalap kedua yang tembus 1 menit 31,9 detik detik. Tapi sayang, dia melewati batas trek, jadi catatan waktunya dibatalkan.

Sisa 13 menit, Bagnaia masih di posisi pertama, kedua ada Marc Marquez. Ketiga diisi Martin, keempat Fabio Di Giannantonio, kelima ada Vinales.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Mulai di sisa 11 menit, Vinales jadi posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 31,5 detik. Pebalap lain pun mulai menarik gasnya lebih dalam, seperti Bagnaia yang kelihatan sangat kuat di berbagai sektor trek.

Hasilnya, Bagnaia kembali berada di puncak dengan waktu 1 menit 31,3 detik. Vinales jadi berada di posisi kedua.

Kelihatan Martin masih kurang puas dengan setelan motornya. Saat ini dia berada di posisi ketujuh, masih aman, masuk 10 besar.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Terjadi sedikit drama antara Martin dan Jack Miller. Mereka bersenggolan karena Martin melambat di tengah trek.

Sisa dua menit, para pebalap berusaha masuk 10 besar. Seperti Brad Binder yang masuk ke posisi keenam, Fabio Quartararo ke-10 dan Acosta masih ke-15.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com