Jangan Sembarangan Ganti Penutup Radiator - Kompas.com

Jangan Sembarangan Ganti Penutup Radiator

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 18/10/2017, 16:39 WIB
Penutup radiator.summitracing.com Penutup radiator.

Jakarta, KompasOtomotif – Di dalam selera modifikasi, penutup radiator adalah salah satu elemen pendukung estetika ruang mesin. Pemodifikasi kerap menggantinya dengan produk aftermarket, namun perlu diingat jangan sampai mengurangi fungsi sebab bisa fatal akibatnya.

Peran penutup radiator sangat penting dalam proses pendinginan mesin. Gunanya sebagai akses keluar cairan bila tekanan di sistem radiator terlalu tinggi karena panas mesin. Sistem buka-tutup akses di penutup radiator diatur oleh komponen yang desainnya bisa berbeda setiap merek mobil.

Sistem radiator yang berisi cairan bekerja dalam ruang vakum, tekanan di dalamnya diatur oleh masing-masing pabrikan dan ukurannya bisa berbeda-beda. Bila diperhatikan pada penutup radiator terdapat angka ukuran tekanan bar 0,9, 1,1, atau 1,2.

Baca: Cara Basmi Air Radiator Kecoklatan

Mengganti penutup radiator dengan produk aftermarket yang tidak sesuai tentu bisa mengganggu kerja sistem pendinginan. Bila salah, kemungkinan mesin terlalu cepat panas bisa terjadi.

Penting juga untuk dipahami, dilarang membuka penutup radiator saat mesin sedang panas. Tekanan tinggi bisa menyembur cairan isi radiator sampai berpotensi bikin cedera. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAzwar Ferdian

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM