Suzuki Buka Selubung Swift Sport Generasi Ketiga - Kompas.com

Suzuki Buka Selubung Swift Sport Generasi Ketiga

Stanly Ravel
Kompas.com - 13/09/2017, 16:42 WIB
Suzuki Swift Sport Frankfrut Motor Show 2017 Suzuki Swift Sport Frankfrut Motor Show 2017

Frankfurt, KompasOtomotif - Suzuki secara resmi meluncurkan Swift Sport terbaru dalam pameran Frankfurt Motor Show 2017, Selasa (12/9/2017). Generasi ketiga dari hatchback andalan Suzuki ini datang membawa ragam teknologi baru yang siap bersaing dengan para kompetitor seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Secara tampilan, Suzuki melakukan peremajaan dengan menempatkan gril baru bersama lampu yang sudah mengaplikasi proyektor. Meski sekilas tidak ada beda dari model reguler, namun aura sporty terlihat lebih keluar.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Swift Sport tidak lagi menggunakan mesin 1.600 cc, tapi diganti dengan mesin 1.400 cc BoosterJet direct injection milik Vitara yang memiliki tenaga 138 tk dan torsi 230 Nm. Disitat dari Carscoops, desain intake manifold dibuat pendek yang terintegrasi langsung dengan cylinder head exhaust manifold, dikolaborasikan dengan transmisi enam percepatan manual, Suzuki mengklaim tarikan Swift jauh mengalami peningkatan.

Performa dari generasi baru Swift juga tidak hanya didapat dari mesin, tapi juga sasis baru. Datang menggunakan platform HEARTECK, bobot hatchback ini turun drastis hingga 80 kg dibandingkan model sebelumnya.

Baca : Bersiap Menanti Generasi Baru Suzuki Ertiga

Suzuki Swift Sport Frankfrut Motor Show 2017 Suzuki Swift Sport Frankfrut Motor Show 2017

Selain ringgan, sasis baru ini juga lebih kaku sehingga membuat handling ketika melesat di kecepatan tinggi lebih rigid. Apalagi sektor kaki-kaki sudah ditunjang dengan peredam Monroe yang dipadukan anti-roll bars yang lebih tebal dan penyatuan wheel hub dan bearing untuk menambah kekakuan kendaraan.

"Ini lebih ringan, lebih tajam, lebih cepat. Swift ini lebih agresif dan emosional, kita perbaiki elemen yang membuatnya praktis untuk digunakan sehari-hari, mulai dari kopling, perpindahan gigi, kemudi, sampai jok," kata Chief Engineer Suzuki Swift Sport Masao Kabori.

Masuk ke interior, Swift Sport kini memiliki aksen merah dan panel instrumen baru dengan warna yang lebih kontras. Aura sporty juga diberikan dari model jok semi bucket, kemudi berbentuk D, sampai balutan krom pada shift knob dan pedal.

Suzuki Swift Sport Frankfrut Motor Show 2017 Suzuki Swift Sport Frankfrut Motor Show 2017
Sementara sistem hiburan dilengkapi layar sentuh tujuh inci dengan 3D Navigation dan koneksi Bluetooth.

Dengan performa yang lebih galak, Suzuki juga menambahkan fitur keselamatan Swift Sport generasi ketiga. Mulai dari Advanced Forward Detection, Dual Sensor Brake Support, Lane Departure Warning, sampai Adaptive Cruise Control, sayang untuk harga belum diinformasikan lebih lanjut.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
SumberCarscoops
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM