Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Swift "Hybrid" Mengaspal di Jepang

Kompas.com - 15/07/2017, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah meluncurkan Swift generasi terbaru pada Desember lalu, Suzuki Motor Corporation perkenalkan varian baru dengan sistem hybrid di Jepang, (12/7/2017).

Dari siaran resmi Suzuki Global, Rabu (12/7/2017), sistem hibrida unik Suzuki ini dipasang pada versi baru Swift. Model Hybrid SG dan Swift Hybrid SL, mengombinasikan Motor Generator Unit (MGU) kepada Auto Gear Shift (AGS).

MGU sendiri merupakan motor penggerak kompak yang diklaim menawarkan energi dalam jumlah besar, sementara AGS adalah sistem transmisi khas Suzuki.

Sistem tersebut, akan secara otomatis menghentikan mesin, dan mengalihkannya ke motor listrik, ketika kendaraan berjalan dengan kecepatan konstan atau saat merayap. Sistem ini menawarkan dua mode berkendara, mengemudi cepat, atau ingin mengefisiensi bahan bakar, dengan meningkatkan frekuensi penggunaan EV (electric vehicle).

Terlepas dari upaya untuk menjaga handling tetap mumpuni, Swift punya tingkat efisiensi bahan bakar mencapai 32,0 kilometer per liter, berkat AGS dan MGU. Berat kendaraan juga dijaga di angka 1.000 kg, dan memenuhi syarat untuk potongan pajak eco-car di Jepang.

Swift varian HYBRID SL ini dilengkapi dengan paddle shift, yang memungkinkan pengemudi menikmati akselerasi cepat dan merasakan sporty shift. Ditambah lagi dengan kelengkapan standar fitur keselamatan.

Mulai dari Dual Sensor Brake Support (DSBS) yang dilengkapi kamera monokuler dan sensor laser, untuk mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan, serta beberapa kantung udara. Menarik kalau model ini akan dipasarkan juga di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com