Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baleno ”Hatchback” atau Swift, Pilih Mana?

Kompas.com - 21/08/2017, 11:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terbilang jitu membawa Baleno hatchback ke pasar mobil Tanah Air. Pasalnya, Swift yang bakal beradu di satu segmen, sedang dalam ”masa penuaan”, belum ada penyegaran. Konsumen pun pada akhirnya harus memilih mana yang lebih cocok.

Baleno hatchback seolah datang untuk mengisi kelesuan Swift yang kalah telak dengan Toyota Yaris dan Honda Jazz. Meski demikian, SIS tetap bersikukuh, bahwa Baleno dan Swift adalah dua karakter yang berbeda meski mereka nyemplung di satu area.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS 4 Wheels, belum lama ini di GIIAS 2017, lagi-lagi menegaskan bahwa Baleno dan Swift punya pasar berbeda, karena karakter dan main perception produk saat dikembangkan itu berbeda.

”Pada saat produk itu kita develop, inilah refleksi dari hasil survei dan itu terbaca di profile customer demografisnya. Nah, kalau Baleno lebih general, Swift lebih muda, buat speed lovers. Jadi main perception-nya sudah beda,” kata Donny.

Dikatakan lagi, bahwa kita tidak hanya bisa menggunakan parameter demografis, umur, jenis kelamin, dan parameter harga terhadap sebuah produk. Jadi secara dimensi dan sebagainya, dua model tersebut jauh berbeda.

All New Swift Geneva Motor Show 2017carscoops.com All New Swift Geneva Motor Show 2017
Komposisi
Fine, Baleno hatchback dan Swift berbeda. Pertanyaan lain, bagaimana dengan komposisi penjualan kelak? Pertanyaan ini lebih tepat ditujukan saat Swift model baru diluncurkan.

Namun lebih dulu perspektifnya dijabarkan Donny. Swift adalah mobil yang lahir di segmen medium hatchback. Namun, segmen ini makin lama membesar, baik dari segi ukuran maupun harga. Sementara Swift masih bermain di ranah yang sama. Itulah sebabnya ada Baleno hatchback yang lebih besar.

”Saat ini, berkaitan dengan lifecycle, Swift terakhir diluncurkan 2013, jadi produknya sudah mature. Kalau bicara Baleno, ada opportunity cycle baru yang pasti lebih banyak dari yang lama. Tapi kalau keduanya meluncur bersamaan, ke depannya akan lebih banyak Swift (peminatnya),” ujar Donny.

Lalu, kapan Siwft terbaru? ”Masih dalam proses, tidak bisa bilang kapan, karena memang kami masih punya rencana satu produk simpanan (tahun ini),” imbuh Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com