Menguak Kabar Terbaru SUV Listrik Nissan - Kompas.com

Menguak Kabar Terbaru SUV Listrik Nissan

Donny Apriliananda
Kompas.com - 08/08/2017, 16:01 WIB
Nissan Terra Concept SUV.Nissan Nissan Terra Concept SUV.

Yokohama, KompasOtomotifNissan dikabarkan sedang bekerja mewujudkan SUV listrik, menggunakan platform generasi baru Leaf. Model itu akan menjadi line up tambahan mobil tanpa emisi merek Jepang itu, mengikuti sukses Leaf sebagai salah satu yang terlaris di dunia.

Autocar (7/8/2017) menghubung-hubungkan dengan generasi kedua Leaf yang akan banyak ”dipinjam” untuk mewujudkan SUV listrik, disinyalir bernama Terra. Mobil juga dikabarkan mempunyai kapabilitas sebagai mobil penjelajah dengan penggerak semua roda (all-wheel drive).

Ini akan sedikit berbeda dengan Nissan TeRRA Concept yang ditampilkan pada Paris Motor Show 2012 silam, yang mengombinasikan beberapa bagian dari sistem penggerak Leaf, tapi saat itu ditampilkan dengan konsep teknologi fuel-cell alias berbahan bakar hidrogen.

Baterai lithium-ion pada Leaf diprediksi akan ditingkatkan kapasitasnya sebanyak dua kali. Kekuatan baru ini akan mampu membawa SUV Nissan Terra melaju hingga lebih dari 300 mil atau setara 480 km.

Autocar juga menyebut bahwa Terra adalah jawaban dari Nissan atas rencana Tesla yang mengembangkan crossover elektrik dengan nama Model Y.

Kendati sudah banyak rumors beredar, namun Nissan belum mengonfirmasi rencana itu, terutama soal penggunaan platform Leaf untuk model mobil listrik lain.

Nantinya, di dunia SUV listrik, sudah pasti tak hanya ada Tesla dan Nissan, karena merek lain sudah menyiapkan barang yang sama, termasuk Mercedes-Benz, Volkswagen, bahkan Buick.

Tapi, sebelum ada konfirmasi dari Nissan, memang sebaiknya kita menunggu debut dunia Leaf generasi kedua yang akan meluncur September tahun ini.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
SumberAutocar
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM