Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aliansi Nissan Geser VW, Jadi Merek Terbesar Dunia

Kompas.com - 29/07/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Aliansi Nissan (Nissan, Renault, Mitsubishi) akhirnya berhasil menggeser Grup Volkswagen dari takhta produsen mobil terbesar dunia secara volume. Ini dicapai juga berkat sumbangsih anggota barunya Mitsubishi.

Periode Januari hingga Juni 2017 ketiganya berhasil menjual 5.268.078 unit. Sementara Volkswagen hanya 5.155.600 unit dan Toyota sebesar 5.129.000 unit. Sementara di tempat keempat, ditempati General Motors dengan pencapaian 4,7 juta unit.

"Aliansi kami yang membesar, akhirnya mewujudkan potensi penuhnya masing-masing, tidak hanya dalam hal volume, tapi juga dengan menyediakan layanan mobilitas generasi mendatang, kepada pelanggan di seluruh dunia," kata Carlos Ghosn, Chairman and Chief Executive Aliansi, mengutip Autoevolution, Jumat (28/7/2017).

Secara lebih rinci, Nissan menyumbang aliansi paling banyak, dengan perolehan mencapai 2.894.488 unit. Sampai saat ini, Nissan masih mengandalkan pasar Amerika Serikat, China, dan Jepang, sebagai penyumbang terbesar.

Kemudian yang kedua ada Renault, dengan menjual 1.879.288 unit, yang menjual banyak mobil di wilayah Perancis, Rusia, dan Italia. Sementara Mitsubishi menjual lebih sedikit dengan perolehan 494.303 unit, ditopang oleh penjualan di Amerika Serikat, China, dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com