Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Mulai Mengancam

Kompas.com - 02/08/2017, 15:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yokohama, KompasOtomotifAliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Motors kini makin kuat, dan mengklaim sebagai peringkat pertama penjualan di dunia pada 2017. Laporan terakhir, penjualan aliansi naik 7 persen mencapai 5.268.079 unit pada paruh pertama tahun kalender 2017.

Baca: Aliansi Nissan Geser VW, Jadi Merek Terbesar Dunia

Hal ini dicapai berkat meningkatnya permintaan model dari merek Perancis dan Jepang itu di berbagai wilayah, serta ditunjang kontribusi semester pertama dari anggota baru aliansi, Mitsubishi Motors.

Aliansi mencatat peningkatan penjualan dari model Renault, seperti Clio, Sandero, Megane, Captur dan Duster. Sementara Nissan melaporkan permintaan yang tinggi akan X-trail/Rouge, Sentra/Sylphy, Qashqai, dan Altima/Teana.

Penjualan dari Mitsubishi Motors yang menjadi bagian dari aliansi, akhir 2016, berhasil mendekati 495.000 unit berkat permintaan yang solid akan SUV Outlander secara global dan Pajero Sport di pasar ASEAN.

Akumulasi penjualan kendaraan listrik juga meningkat signifikan menjadi 481.151 unit, menegaskan kembali peran aliansi sebagai produsen mobil listrik terkemuka untuk segmen mass-market. Nissan LEAF dan Renault ZOE makin tinggi permintaannya. Di sisi hybrid, Mitsubishi Outlander plug-in hybrid terjual lebih dari 13.000 unit.

”Perluasan Aliansi kami cukup baik untuk mewujudkan potensi penuh, tidak hanya dalam hal volume penjualan, tapi juga dengan menyediakan layanan mobilitas generasi mendatang kepada seluruh pelanggan di dunia,” ujar Carlos Ghosn, Chairman dan Chief Executive Aliansi Renault-Nissan, dalam siaran resmi (2/8/2017).

Dia menambahkan, aliansi akan terus memanfaatkan skala ekonomi dan pasar global yang signifikan untuk memberikan sinergi berharga bagi anggota perusahaan baru. Caranya, mempertahankan basis teknologi yang kuat dan menawarkan terobosan model-model listrik bagi konsumen.

Aliansi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi tahun ini karena Mitsubishi Motors bekerja sama lebih erat dengan Nissan dan Renault di berbagai bidang meliputi pengadaan barang, lokalisasi, manufaktur, platform kendaraan, teknologi dan perluasan pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com