Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Fokus pada Sistem Order "Online"

Kompas.com - 14/07/2017, 13:43 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menganggap program pemesanan online yang selama ini dilakukan cukup positif. Bukan hanya pada XMAX, namun juga beberapa model lainnya, seperti Aerox dan R15.

Baca : Banjir Pesanan, Yamaha Tutup Order "Online" XMAX

Dari hasil tersebut, Yamaha berencana untuk tetap melakukan program order online, khususnya untuk motor-motor yang bermain di segmen premium. M Abidin, General Manager After Sales & Public Relation YIMM, mengatakan melalui pemesanan online secara data lebih tertata.

"Untuk XMAX kita buka lagi tiap tanggal 10 setiap bulan. Sebenarnya pemensanan melalui online secara data lebih rapih, karena konsumen kan pasti registrasi lebih dulu, selain itu soal waktu juga lebih efisien. Konsumen juga dimudahkan karena mereka punya kepastian saat memesan, misalnya untuk warna pilihan dan lainnya," ucap Abidin kepada KompasOtomotif dalam acara perayaan ulang tahun Otomania di Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2017).

Selain terorganisir, melalui cara order online Abidin juga mengatakan bisa mengukur atau memantau kondisi pasar. Melihat tren, dan terutama untuk mengetahui berapa besar minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Baca : Yamaha Luncurkan XMAX yang Lebih Besar


"Antara permintaan dan suplai juga bisa terjaga, dari situ bisa terlihat gimana responsnya terhadap unit yang ditawarkan. Diler juga tidak perlu repot harus menyetok produk nantinya, jadi perputaran produk lebih sehat," kata Abidin.

Inden pesanan online yang dilakukan Yamaha memang cukup sukses, contohnya untuk XMAX. Sejak dibuka pada tanggal 10 Juli hingga 12 Juli 2017, jumlah konsumen yang memesan sudah mencapai 2.000 unit lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com