Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Perkenalkan Bus Listrik Terbaru

Kompas.com - 02/06/2017, 13:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Kedua kalinya setelah tujuh tahun berlalu, Hyundai kembali memperkenalkan bus listrik buatannya, untuk digunakan di jalanan Korea Selatan. Wujud bus Elec City ditampilkan perdana di Hyundai Truck & Bus Mega Fair.

Mengutip Carscoops, Jumat (2/6/2017) merek mobil Korsel tersebut pertama kali memperkenalkan bus listrik pada 2010, tapi kendaraan tersebut tidak kunjung diberi lampu hijau untuk produksi, karena tingginya biaya baterai pada saat itu.

Baru akhirnya tujuh tahun kemudian, dengan biaya baterai yang juga sudah lebih murah dari sebelumnya, Hyundai memiliki celah lagi, dan mengatakan kalau produksi serta penjualannya akan dimulai pada 2018.

Bus Elec City menggendong baterai lithium-ion 256 kWh, yang menurut Hyundai bisa menempuh jarak hingga 180 mil (290 km), hampir 60 mil lebih banyak daripada mobil penumpang listriknya, Hyundai Ioniq.

Tenaga yang bisa dihasilkan melalui motor listrik yaitu 240 kW. Elec City juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang memungkinkan bus untuk mengisi penuh kurang lebih hanya dalam waktu satu jam.

"Elec City memberikan gambaran sekilas tentang masa depan transportasi umum. Bus menunjukkan kesesuaian powertrain pionir listrik Hyundai Motor untuk aplikasi komersial,” ujar pihak Hyundai dalam sebuah pernyataan.

"Di jalan, Elec City menawarkan driving range terbaik di kelasnya,dengan baterai polimer lithium-ion 256kwh, bus ini bisa mengendarai 290km (180 mil) dengan sekali pengisian. Selain itu, ia memiliki berbagai fasilitas keselamatan dan human-centered, seperti Around View Monitoring dan Full Color Digital Cluster,” tutur pihak Hyundai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com