Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Siap Ramaikan Transportasi Bus di Indonesia

Kompas.com - 26/05/2017, 16:32 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifVolvo Group mulai melebarkan sayap di segmen kendaraan niaga. Bila sebelumnya hanya bermain di kendaraan heavy duty, kini Volvo mulai fokus pada segmen kebutuhan transportasi dengan produk bus.

Volvo bus yang diperkenalkan adalah unit yang beberapa waktu lalu digunakan untuk mendukung kunjungan kenegaraan dari Raja dan Ratu Swedia, yakni Volvo 8400 (B8R). Bus bermesin 8.000 cc yang diproduksi Volvo Group ini ini digunakan untuk operasional mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Swedia.

Baca : Kompetisi Adu Irit Truk Volvo Kembali Digelar

Eka Lovyan, Chief Operational Officer PT. Indotruck Utama, mengatakan untuk sementara bus ini masih dalam tahap pengenalan ke masyarakat. Volvo ingin melihatkan bahwa ada varian baru Volvo di Indonesia.

“Kita awali dengan tahap pengenalan, tapi kami bangga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan transportasi di Indonesia dengan menambahkan bus Volvo dalam line-up yang ditawarkan,” ujar Eka dalam siaran resminya, Jumat (26/5/2017).

Bus asal Swedia ini datang dengan mesin Volvo D7A bertenga 330 tk yang dilengkapi transmisi otomatis enam percepatan, atau 6-speed integrated retarder. Bus ini juga sudah dilengkapi dengan optimised rear axle ratio guna mengatasi kebutuhan akan banyaknya perhentian yang dilakukan di dalam kota.

Baca : Panatu Sopir, Truk Volvo Dilengkapi "Black Box"

Sebagai fitur keselamatan, rem cakram dan fitur anti-lock braking system (ABS) sudah disematkan. Sektor pintu dibuat dengan luas 350mm, yang memudahkan sebagai akses keluar masuk penumpang. Menariknya, bis ini juga dilengkapi dengan fitur merendah layaknya air suspension.

“Didukung fakta banyak proyek infrastruktur pemerintah Indonesia yang mulai berfungsi tahun ini, diharapkan dapat mempermudah proses distribusi berbagai komoditas dan membuka lebar peluang berkembangnya kendaraan umum bagi penumpang,” ucap Jurn Terpstra, Marketing Director Volvo Group Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com